TURUT BERDUKA, SATGAS PANTAS RI-PNG YONIF RAIDER 100/PS POS KALIPAY BANTU PROSES PEMAKAMAN KEPALA SUKU KAMPUNG SENG

SHARE
60 views

METRORAKYAT.COM, KEEROM – Sebagai umat manusia tentunya pasti akan mengalami yang namanya kematian, begitulah yang di alami masyarakat Kampung Seng atas kepergian Alm. Bapak Pius Swo (53) selaku Kepala Suku Kampung Seng, Distrik Waris, Kabupaten Keerom,Provinsi Papua. Minggu, (20/09/20).

Pelaksanaan proses pemakaman tersebut dipimpim oleh Sertu Meryantoni selaku Danpos Kalipay beserta 11 personel Pos Kalipay. Kepergian Alm. Bapak Pius tersebut pada tanggal 18 September 2020, jam 08.00 WIT dini hari lebih tepatnya dua hari yang lalu dikarenakan sakit dalam yang dideritanya cukup lama. Mendengar kejadian duka tersebut personel Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Kalipay bergegas mendatangi rumah duka.

Sesampainya, personel Pos Kalipay turut membantu membuatkan peti,mengantarkan jasad Almarhum ketempat peristirahatannya, bersama sama dengan masyarakat Kampung Seng memikul peti zenazah, hingga proses penggalian kuburan,semua dilaksanakan dengan rasa kebersamaan antara masyarakat dan TNI.

Masyarakat Kampung Seng bersama dengan personel Satgas membawa zenazah Alm. Bapak Pius menuju ke pemakaman yang cukup jauh sekitar kurang lebih 10 km dan hanya bisa dilalui berjalan kaki, dikarenakan medan tidak memungkinkan dilalui kendaraan.

Dilain tempat, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 100/PS Mayor Inf M. Zia Ulhaq mengatakan,”sudah sepatutnya kita sebagai umat beragama,turut merasakan apa yang dirasakan keluarga yang ditinggalkan, kita sebagai Prajurit Satgas selain menjaga keamanan perbatasan tentunya kita juga harus merangkul masyarakat dwngan menyumbangkan tenaga dalam prises pemakaman Almarhum Bapak Pius”, ungkap Dansatgas.

Sertu Meryantoni menambahkan, perjalanan yang dilalui menuju pemakaman cukup sulit jarak yang ditempuh sekitar 5 Km,melewati hutan,bukit,dan menyebrangi sungai sehingga masyarakat Kampung Seng membawa jenazah dengan cara dipikul bersama sama dengan personel pos.

“Masyarakat Kampung Seng sangat bangga dan senang melihat personel Satgas Yonif Raider 100/PS Pos Kalipay langsung turun kelapangan membantu proses pemakaman Kepala Suku Kampung Seng, dengan kerjasama yang baik dengan masyarakat,akhirnya zenazah Alm. Bapak Pius dapat sampai di tempat peristirahatan terakhirnya,semoga keluarga yang ditinggalkan diberi penghiburan dan tetap semangat menjalani hari hari kedepannya”, ungkap Meryantoni.(mr/rl)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif