Polres Siak Bersama Dinas Kesehatan Laksanakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Korban Covid-19

Polres Siak Bersama Dinas Kesehatan Laksanakan Pelatihan Pemulasaran Jenazah Korban Covid-19
SHARE
37 views

METRORAKYAT.COM, SIAK – Polres Siak bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Siak gelar Pelatihan pemulasaran Jenazah korban Covid-19, Selasa (15/9/2020).

Latihan dilaksanakan bertempat di Aula Rumah Sakit Umum Daerah ( RSUD ) Tengku Rafi’an, Kabupaten Siak.

Tampak ikut dalam latihan itu, Kasat Sabhara Polres Siak beserta 17 orang personil Polres Siak dan Polsek jajaran yang menerima pelatihan dari tim penangan pasien Covid – 19 RSUD Tengku rafian Kabupaten Siak.

Kapolres Siak AKBP Doddy F Sanjaya melalui Kasat Sabhara Polres Siak AKP Indra Sakti SH menerangkan, bahwa pelatihan ini bertujuan agar seluruh personil yang diberi pelatihan mempunyai kemampuan dan pengetahuan tentang bagaimana cara pemulasaran jenazah korban Covid-19 dengan benar dan aman.

“Kita berharap setelah pelatihan ini para personil dapat betul-betul memahami dan mempunyai kemampuan serta pengetahuan tentang bagai mana cara pemulasaran jenazah korban Covid-19 yang benar dan aman sehingga nanti bila dibutuhkan personil yang kami latihkan sudah siap untuk melaksanakan pemulasaran,” kata Kasat Sabhara.

Lanjut AKP Indra, bahwa seluruh personil yang mengikuti pelatihan diberi pengetahuan tentang cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standart World Health Organization ( WHO ), cara pemakaian Alat Pelindung Diri ( APD ) yang benar, cara menangani pemulasaran jenazah korban Covid-19 mulai dari menggunakan APD, memandikan jenazah, mengakafani dan tetakhir menyolatkan serta Standart Operasional Prosedur ( SOP ) penanganan jenazah korban Covid – 19 lainnya.

” Kita tidak mau nanti personil dilapangan melakukan kesalahan yang nantinya berakibat fatal, yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain karena ketidaktahuan mereka tentang bagaimana cara yang baik, benar dan aman menangani pemulasaran jenazah Covid – 19, apabila nanti memang dibutuhkan atau dihadapkan pada situasi yang mereka harus memberikan tindakan cepat,” kata AKP Indra.

Pada pelatihan itu tim yang memberikan pelatihan diketuai oleh dr. Hartini, Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjangan Medis RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak dan dr.Erni Kepala Seksi Pelayanan Medis RSUD Tengku Rafian Kabupaten Siak. (MR/SP)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif