Nasib Situs Sejarah Kebudayaan Aceh Singkil Kurang Perhatian

SHARE
103 views

METRORAKYAT.COM, ACEH SINGKIL
Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, merupakan bumi tempat lahirnya seorang ulama besar Syekh Abdurrauf As Singkily, yang memiliki pengaruh besar dalam penyebar agama Islam di Nusantara.

Namun sayang, banyak situs sejarah kebudayaan daerah tempat lahirnya ulama besar itu terlupakan tidak mendapat perhatian yang maksimal.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, M.Najur mengakui, banyak situs sejarah kebudayaan yang dimiliki daerah tempat lahirnya ulama besar itu kurang mendapat perhatian dan terlupakan.

Padahal, dari sekian banyak sudah 21 situs sejarah kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, terdaftar secara nasional diKemendikbud RI, ungkap Najur, Selasa, (25/08/2020).

Dikatakan, pihaknya terkendala dengan anggaran, untuk pemugaran, pelestarian situs sejarah kebudayaan yang ada didaerah setempat.
Sehingga banyak situs sejarah kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil yang terabaikan, ditumbuhi rerumputan, tergerus air, dan rusak keropos dimakan usia, hingga nyaris hilang tergerus dengan perkembangan zaman yang semakin serba modern saat sekarang ini.

Kendati demikian, pihaknya terus berupaya untuk menjaga kelestarian peninggalan bersejarah tersebut dengan mengusulkan berbagai program kegiatan kepada Pemerintah baik daerah, provinsi, dan pusat.

“Dengan begitu diharapkan, kedepannya semua pihak dapat memberikan perhatian terhadap situs-situs sejarah kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil yang saat ini nyaris terlupakan,”pungkasnya.(mr/putra)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif