Kapendam I/BB: Tumbuhkan Kreativitas Warga di Lokasi TMMD untuk lebih Mandiri

Kapendam I/BB: Tumbuhkan Kreativitas Warga di Lokasi TMMD untuk lebih Mandiri
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan warga masyarakat di lokasi sasaran fisik.

Karena itu, kehadiran Prajurit TNI di tengah-tengah warga diharapkan tidak hanya berfokus pada perampungan pekerjaan sasaran fisik, tetapi bisa pula menumbuhkan kreativitas, sehingga warga ke depannya akan menjadi lebih mandiri dan tentunya akan semakin Manunggal dengan TNI.

Imbauan ini disampaikan Kepala Penerangan Kodam I/Bukit Barisan (Kapendam I/BB), Kolonel Inf Zeni Djunaidhi, SSos, MSi, dalam keterangan di Media Centre Pendam I/BB, Jln Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Kamis (26/3/2020).

Kapendam menjelaskan, setelah berjalan selama 10 hari sejak dibuka pada Senin, 16 Maret lalu, progres pembangunan sarana infrastruktur di enam Kodim yang menggelar TMMD reguler ke-107 Tahun 2020, dan dua Kodim yang melaksanakan TMMD Imbangan Tahun 2020 di jajaran Kodam I/BB, terus menunjukkan pencapaian yang signifikan.

“Sesuai arahan Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah, maka sasaran fisik di program TMMD agar dikerjakan dengan baik karena sangat diharapkan mendorong tumbuh kembangnya usaha-usaha masyarakat di bidang ekonomi dan meningkatkan kesejahteraannya,” jelas Kapendam.

Namun, lanjut Kapendam, sasaran non fisik tidak kalah penting dibandingkan sasaran fisik. Karena hasil sasaran non fisik yang digelar melalui penyuluhan dan sosialisasi, tidak bisa dilihat sekarang.

“Tetapi ke depan akan dapat mendorong tumbuhnya kreativitas masyarakat desa dalam mengangkat kualitas kehidupan yang lebih baik, lebih maju dan lebih sejahtera serta mampu mandiri,” urai Pamen TNI AD alumni Akmil 1993 ini.

Oleh karena itu, Kolonel Zeni tak bosan-bosannya mengingatkan kepada para Komandan Satgas TMMD untuk terus membangun koordinasi yang baik dengan instansi terkait, sehingga pemateri dalam kegiatan penyuluhan tidak didominasi oleh personel TNI saja.

“Dengan mengombinasikan pemateri dalam kegiatan penyuluhan, maka warga akan lebih banyak menyerap informasi melalui materi yang disampaikan, sehingga dengan demikian harapan untuk menumbuhkan kreativitas warga di lokasi TMMD bisa terwujud,” pungkas Zeni.

Adapun enam Kodim di jajaran Kodam I/BB yang melaksanakan TMMD ke-107 Tahun 2020 adalah, Kodim 0207/Simalungun, Kodim 0205/Tanah Karo, Kodim 0320/Dumai, Kodim 0303/Pasaman, Kodim 0310/SS, dan Kodim 0315/Bintan.

Kemudian, dua Kodim yang melaksanakan TMMD Imbangan Tahun 2020, yakni Kodim 0206/Dairi dan Kodim 0208/Asahan. (MR/rl)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.