Pemkab BM Terima Rancangan Qanun Depik Dari Kompak

Pemkab BM Terima Rancangan Qanun Depik Dari Kompak
SHARE

METRORAKYAT.COM, REDELONG – Pemerintah Bener Meriah menerima Rancangan Qanun (Peraturan) Bupati  Bener Meriah tentang Dana Insentif Pembinaan Kampung (DEPIK) dari koordinator District Coordinator Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Untuk Kesejahteraan (KOMPAK) setempat.

Rancangan qanun diterima Asisten II Sekdakab Bener Meriah Abdul Muis, Jum’at (14/2/2020) di ruang kerjanya. 

Rancangan Perbup DEPIK, menurut Muhamad Very, untuk mendorong  kinerja Pemerintahan kampung di Kabupaten Bener Meriah lebih baik dalam mengelola Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Kampung (ADK) serta berkontribusi kepada program-program tingkat kabupaten, provinsi dan nasional.

“Jika Rancangan Perbup ini nantinya disahkan, akan menjadi stimulus (rangsangan) bagi 233 Kampung yang ada di Bener Meriah untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik, sehingga mendapat DEPIK,“ ujar Very.

Lebih lanjut disampaikan Very, ada satu kategori utama dan delapan kategori kinerja dalam penilaian DEPIK. Adapun kategori utama adalah Penetapan APBKampung tepat waktu. Artinya kategori ini adalah syarat utama untuk ikut berkompetisi mendapatkan DEPIK. 

Kategori lainnya yang menentukan besaran perolehan DEPIK adalah Pemerintah, Perencanaan dan Penganggaran, Pelayanan Dasar, Administrasi kependudukan dan Pertanahan, Penangulangan kemiskinan, Sistem Informasi Desa (SID), Penegakan Syariat Islam dan Adat Istiadat, dan yang terakhir kategori Inovasi.

Kampung yang berhak menerima DEPIK juga berdasarkan perolehan skor masing-masing kategori kinerja  yang dipersentasekan dalam bobot dan nilai bobot, jelas Very.

Very mengatakan tujuan perbub DEPIK mewujudkan fungsi kampung sebagai penyelengara urusan pemerintah dan kepentingan masyarakat setempat, yaitu mensejahterakan masyarakat kampung melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Selain itu, mengakselerasikan penerapan prinsip-prinsip pemerintahan  yang baik bagi seluruh kampung di Bener Meriah, dan terwujudnya  pembangunan kampung berdasarkan kewenangan lokal kampung yang mendukung target kinerja pemerintahan Kabupaten. 

Untuk tahun ini, Sebut Very, kurang lebih 10 kampung di Bener Meriah yang telah masuk dalam kategori  utama yang akan bersaing nantinya mendapatkan Dana Insentif Pembeinaan Kampung dari Pemerintah daerah entah itu nanti bersumber dari APBK atau APBN. (MR/RN)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Intermedia Situs Berita Portal online Berita Aktual & Inovatif