98 Bakal Calon Kades se-Sergai Ikuti Seleksi Ujian Tertulis Metode CAT

98 Bakal Calon Kades se-Sergai Ikuti Seleksi Ujian Tertulis Metode CAT
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SERGAI, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar seleksi ujian tertulis dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT), bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Perbaungan Kabupaten Sergai, Kamis (5/9/2019).

Tampak hadir Sekdakab Sergai Drs.Hadi Winarno, MM, Kadis PMD H.Ikhsan, AP, M.Si, Camat Perbaungan Benny Saragih, perwakilan Polres Sergai dan Satpol PP serta seluruh peserta Balon Kades.

Seleksi tersebut diselenggarakan bagi Bakal Calon Kepala Desa ( Balon Kades) yang melebihi dari 5 orang. Sebanyak 98 orang Balon Kades yang mengikuti ujian CAT, diantaranya 87 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang dibagi menjadi 3 Rombel.

Diantaranya Kecamatan Tanjung Beringin, Tebing Tinggi, Sipispis, Tebing Syahbandar, Sei Bamban, Kotarih, Bintang Bayu, dan Sei Rampah.

Dalam pidato Bupati Sergai Ir.H.Soekirman yang dibacakan Sekdakab Drs.Hadi Winarno, MM menyampaikan, bahwa kepala desa merupakan ujung tombak dalam proses pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Maka dari itu sebagai seorang pemimpin tentunya harus dibekali dengan ilmu yang bermanfaat, dimana setiap calon kepala desa harus memiliki kemampuan dan pengetahuan tentang Pemerintah Desa, ujarnya.

Oleh karena itu, dalam proses penentuan calon kepala desa ada beberapa tahapan yang harus dilalui, yaitu seleksi ujian tertulis dengan metode Computer Assisted Test (CAT) dan psikometri bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang.

Dan tes wawancara kesetiaan terhadap pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Pemerintah Republik Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta tes kemampuan baca tulis bagi istri dan suami bakal calon kepala desa.

Jadi dengan adanya tahapan ini, kepala desa yang terpilih nantinya merupakan pemimpin yang memang memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang pemerintah desa, sehingga dalam proses pelaksanaan pemerintah desa dapat berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Tujuan dari seleksi ujian tertulis ini untuk mengukur kemampuan pemahaman bakal calon kepala desa dan menetapkan bakal calon kepala desa yang layak dan benar-benar siap untuk menjadi pemimpin di desa,” papar Bupati Sergai.

Sementara Kepala Dinas PMD Sergai, H.Ikhsan, AP, M.Si mengatakan, maksud dari pelaksanaan seleksi ujian tertulis ini bagi bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang, agar para bakal calon kepala desa dapat lebih memahami tentang pemerintahan desa.

Dan tujuan pelaksanaan seleksi ujian ini, untuk mengukur pemahaman para bakal calon dan untuk mengukur tingkat pengetahuan para bakal calon kepala desa tentang pemerintahan desa dan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar dalam menjalankan pemerintahan desa berjalan sesuai koridornya.

“Kegiatan seleksi ujian tertulis ini bagi bakal calon kepala desa lebih dari 5 orang, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sergai,” kata Ikhsan.

Dijelaskan Ikhsan, peserta terdiri dari para bakal calon kepala desa yang lebih dari 5 orang, yang terdiri 13 Desa di 8 Kecamatan dan sebanyak 98 orang dengan Tim Seleksi pada kegiatan ini yaitu dari lembaga permata Pysco Consultants Medan.(MR/AZMI)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.