Kasus Narkoba, Darwin Ujung Dituntut 15 Tahun, Bripka Champion 2,5 Tahun

Kasus Narkoba, Darwin Ujung Dituntut 15 Tahun, Bripka Champion 2,5 Tahun

MetroRakyat.com  I  PEMATANG SIANTAR — Lima terdakwa kasus narkoba mendapat ancaman hukuman  berbeda dari  Jaksa  Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Siantar. JPU menuntut Darwin Ujung dengan ancaman hukuman 15 tahun, sementara 4 terdakwa lainnya hanya dituntut 2,5 tahun. Perbedaan anacaman hukuman  yang mencolok ini diduga adanya permaian dari oknum jaksa.

Dalam persidangan dengan agenda membacakan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Negeri (PN) Kota Siantar, Kamis (9/6/2016) denhgan  Majeis Hakim Pasti Tarigan,  Iqbal Purna, dan Risbarita Simorangkir. JPU Siti Martiti Manulang, SH, dan Rahma Hayati Sinaga,SH bergantian membacakan tuntutan.  Satu persatu terdakwa dipanggil untuk disidangkan di depan majelis hakim.

Dalam dakwaannya, JPU menuntut Boby Chandra Nainggolan, Champion Petrus Ginting, Batara Dirgantara Nasution,  dan Jefry dikenakan pasal 127 ayat 1 huruf (a_ UU RI No.35 tahun 2009 dengan ancama hukuman  2 tahun 6 bulan.

Menurut JPU, hal-hal yang meringankan keempat terdakwa  belum pernah dihukum. Sementara hal-hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba. Dan selama di persidangan, kedua terdakwa berbelit-belit dan tidak mengakui kesalahan.

Sementara untuk Darwin Ujung JPU mengancamnya dengan  Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 111 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 sebaagamana dalam dakwaan alternatif kedua JPU. Dan hukuman penjara 15 Tahun.

Usai persidangan, salah satu wanita yang mengaku sebagai istri Darwin Ujung menyebut perbedaan hukuman yang mencolok antara lima pelaku dalam persidangan itu diduga akibat tidak adanya kecocokan harga.

Soalnya, beberapa hari lalu, salah satu oknum jaksa menghubunginya dan meminta uang Rp10 juta agar tuntutan kepada  suaminya dikurangi.

Karena permintaan itu tak disanggupi, JPU menuntut Darwin Ujung dengan  Pasal 112 ayat (2) dan Pasal 111 ayat (1) UU RI No 35 Tahun 2009 UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.(MR02/JS).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.