oleh

Bupati Deliserdang Lantik 303 Kepala Desa di Peringatan Harkitnas

MetroRakyat.com  I  LUBUK PAKAM —  Usai melaksanakan upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 dan ziarah ke Makam Pahlawan di Lubukpakam, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan disaksikan Wakil Bupati H Zainuddin Mars melantik 303 kepala desa yang baru, ditandai dengan pemasangan tanda jabatan, Jumat (20/5) di Alun-alun di Lubukpakam. Di antara 303 kepala desa yang dilantik, 14 orang adalah dari kaum perempuan.

Pelantikan 303 kepala desa itu merupakan Kades yang terpilih pada pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang digelar 19 April 2016. Informasi diperoleh, sebelumnya Pemkab Deliserdang akan menggelar Pilkades serentak di 310 desa, namun karena 6 desa di antaranya Desa Kubahsentang Kecamatan Pantailabu serta 4 desa di Namorambe yakni Desa Gunungberita, Urukgedeng, Rumahkeben dan Tanjungselamat, tidak memenuhi syarat karena terdapat calon tunggal, Pilkades serentak tidak dilaksanakan.

Sementara Desa Durian Kecamatan Pantailabu tidak dapat menuntaskan Pilkades dan terpaksa dibatalkan P2K (Panitia Pemilihan Kepala Desa), karena warga merusak kotak suara berisi kertas suara saat Pilkades berlangsung. Pilkades yang tertunda akan digelar kembali, pada Pilkades serentak tahun 2017.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dalam sambutannya menegaskan, Kades yang baru dilantik dapat langsung bekerja dan melaksanakan tugasnya yang merupakan titik awal untuk membaktikan diri kepada warganya.

Bupati menekankan agar para kepala desa dapat mengarahkan sepenuhnya pemberdayaan masyarakat di desa ke arah penguatan dan peningkatan perekonomian masyarakat yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing desa melalui pembentukan unit-unit usaha perekonomian dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Menurutnya, momen Harkitnas mampu menjadikan masyarakat yang berdaya saing, religius dan bersatu dalam kebhinnekaan. Usai pelantikan, dilanjutkan dengan acara syukuran di Komplek Rumah Dinas Bupati Deliserdang di Lubukpakam.

Turut hadir, Ketua TP PKK Ny Hj Yunita Ashari, Wakil Ketua TP PKK Ny Hj Asdiana Zainuddin, Wakil Ketua DPRD Imran Obos SE, Sekdakab Drs H Asrin Naim, para Staf Ahli, para Asisten, Pimpinan SKPD, Camat Se Deliserdang, LVRI, Tokoh Masyarakat, Agama, Adat, Pemuda dan ribuan perangkat Desa. (Nelson Simarmata).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: