oleh

Anggaran Pembangunan Kabupaten Ini Bikin Walikota Asal AS Tercengang

MetroRakyat.com I BANDUNG– Walikota South Windsor, dari negara bagian Connecticut, Amerika Serikat (AS), Saud Anwar, terkejut dengan pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Purwakarta.

“Saya terkejut anggaran di sini sangat kecil. Tetapi mengapa pembangunannya begitu pesat? Saya sadar betul harus belajar tata kelola anggaran di Purwakarta. Di Amerika saya akan sering sakit kepala kalau hanya memegang anggaran sedikit,” ujar Anwar, melalui rilis yang diterima wartawan, Minggu (22/5/2016).

Anwar menceritakan perbandingan anggaran Purwakarta dan South Windsor. Daerahnya memiliki anggaran sekitar Rp 14 triliun dengan jumlah penduduk sekitar 400 ribu jiwa, yang 100 ribu jiwa di antaranya beragama Islam.

Sedangkan Kabupaten Purwakarta hanya memiliki anggaran Rp 2 triliun dengan jumlah penduduk satu juta jiwa.

Anwar pun mengungkapkan rencana kerja sama yang akan dilakukan dengan Purwakarta. Ada dua bidang penting selain desain taman yang akan dia adopsi di AS. Kedua bidang tersebut adalah pertanian dan peternakan.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyampaikan pihaknya akan segera menindaklanjuti ajakan kerja sama tersebut secara kedinasan. Bahkan bukan hanya pertanian dan peternakan, Dedi juga tertarik menjalin kerja sama pariwisata dengan South Windsor.

“Ke depan Pak Saud dapat membawa warganya agar berkunjung ke Purwakarta melihat taman dan kampung-kampung adat yang telah lama dirintis oleh Pemda Purwakarta,” ungkapnya.

Walikota South Windsor beserta 30 delegasi negara di dunia akan mengikuti “World Village Conference” yang akan dihelat mulai 23 Mei sampai 26 Mei 2016 di Kampung Tajur Kecamatan Bojong Purwakarta. (Peter/Int/Komp)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: