1.153 Siswa SMK Lomba Kompetensi di Malang

1.153 Siswa SMK Lomba Kompetensi di Malang

MetroRakyat.com   I  JAKARTA -Sebanyak 1.153 siswa dari seluruh provinsi mengikuti Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) ke XXIV tingkat nasional di Malang, Jawa Timur, 23-28 Mei 2016. Ajang tahunan yang dihelat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu terdiri dari 52 lomba dan dua bidang eksibisi serta pameran unggulan hasil siswa SMK.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, kegiatan LKS tersebut diselenggarakan guna menyiapkan siswa SMK terjun ke masyarakat sebagai tenaga kerja yang siap pakai. Selain itu, siswa SMK dituntut berjiwa kompeten, berkarakter, mandiri, tanggung jawab, kreatif, inovatif, dan mampu berwirausaha.

“Tahun ini inisiatif bagian dari pelibatan publik. Seluruh peserta dan pendamping LKS menginap di rumah warga yang dikoordinasikan oleh SMK-SMK se-Malang Raya. Ini yang disebut Program Keluarga Sebangsa,” kata Anies dalam siaran pers yang diterima, Senin (23/5).

Program ini dinilai akan berguna, tidak sekadar berbagi cerita dan pengalaman, tetapi memberi inspirasi bagi keluarga-keluarga tempat tinggal peserta yang datang dari berbagai wilayah di Tanah Air. Peserta akan mengikuti materi lomba mengacu pada standar industri, kompetensi yang ada dalam Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dan standarWorld Skill Competition (WSC).

Standar lomba dengan kualitas internasional tersebut dimaksudkan agar juara LKS tahun ini dapat diusulkan menjadi wakil atau duta calon pesertaWorld Skills Competition (WSC) pada 2017 di Abu Dhabi. LKS SMK dilaksanakan seturut mendorong peningkatan kualitas pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang mengacu pada SKKNI.
 
Selain itu, ajang ini dapat menjadi sarana promosi keterampilan siswa SMK kepada dunia usaha (industri) sebagai calon pengguna tenaga kerja. “Bertujuan memotivasi siswa SMK untuk berkompetisi secara positif, serta menumbuhkan kecintaan pada bidang keahlian,” ujar Anies. (Peter/MedNas).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.