Wali Kota Diundang Hadiri Kenduri Akbar Datuk Sukapiring

Wali Kota Diundang Hadiri Kenduri Akbar Datuk Sukapiring

MetroRakyat.com|MEDAN-Pengurus Keluarga Besar Datuk Sukapiring bersilaturahmi dengan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di rumah dinas Wali Kota Jalan Sudirman Medan, Kamis (7/4). Selain silaturahmi, mereka juga ingin mengundang orang nomor satu di Pemko Medan itu menghadiri Kenduri Akbar Keluarga Besar Datuk Sukapiring yang akan diselenggarakan di Asrama Haji Medan, Minggu (10/4).

Ketua Panitia Kenduri Datuk Sukapiring, Datuk Zulkifli didampingi pengurus lainnya mengatakan, tujuan  digelarnya kenduri akbar ini sebagai pelurusan sejarah dan membangkitkan marwah adat Datuk Sukapiring. Selain itu juga dalam rangka melestarikan kebudayaan Melayu Deli di tengah masyarakat Kota Medan.

 “Dalam kenduri Akbar Keluarga Datuk Sukapiring bersama santri yatim piatu, juga akan dilaksanakan penabalan nama Datuk Rustam menjadi gelar adat Datuk Urung Sukapiring. Sebagai orang Melayu,kami mengharapkan kehadiran Bapak Wali Kota Medan. Diperkirakan, kenduri ini akan ratusan orang Melayu Deli,” kata Datuk Zulkifli.

  Wali Kota Medan, Drs H TDzulmi Eldin S MSi menyambut baik kegiatan ini. Dia menilai, kenduri akbar ini sangat positif, terutama dalam mempertahankan adat Melayu Deli di tengah masyarakat. Perkembangan zaman yang saat ini begitu pesat, harus diikuti dengan pelestarian budaya dan adat, sehingga generasi muda dapat terus mengetahui dan menghargai budaya dan adatnya masing – masing  “Saya mendukung penuh dan mengapresiasi  kegiatan ini. Selain silatuhrahmi, Kenduri  Akbar Keluarga Datuk Sukapiring ini sebagai bentuk sarana pelestarian kebudayaan Melayu , sekaligus memperkenalkan adat istiadat kepada masyarakat, terutama generasi muda,” ungkap Walikota.

Apalagi menurut Eldin didampingi Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs Hasan Basri MM, kenduri ini dirangkai dengan penabalan nama yang akan bergelarkan adat Datuk Urung Sukapiring kepada  Datuk Rustam. “Tentunya gelar yang diperolehnya dapat menjadikan Keluarga Datuk Sukapiring lebih maju dan bersatu dalam menjaga adat istiadat sesuai keinginan leluhur,” harapnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Wali Kota juga menerima kedatangan Yayasan Gurdwara Sikh dipimpin sang pembina Dalbir Singh Kapoor bersama Dr Getta. Kehadiran mereka untuk mengundang Wali Kota pada perayaan Vaisakhi 2016 umat Sikh Kota Medan di  Pura Agung Raksa Buana Jalan Polonia Medan, Minggu (17/4).

“Perayaan nantinya akan digelar selama 3 hari dimulai tanggal 13 April, tepat pada hari terbentuknya agama Sikh sampai 17 April. Dalam perayaan ini nantinya umat agama Sikh akan membaca buku suci selama tiga hari nonstop,” kata Dalbir Singh.

Wali Kota mengapresiasi dan mendukung kegiatan perayaan Vaisakhi umat agama Sikh tersebut. Eldin berharap kesuksesan untuk kegiatan ibadah tersebut. ” Insya Allah saya akan menghadiri perayaan tersebut,”ujar Wali Kota.(red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.