Akhyar Pantau SKPD Terkait Pulihkan Kawasan Sutomo

Akhyar Pantau SKPD Terkait Pulihkan Kawasan Sutomo

MetroRakyat.com|MEDAN-Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi  mengecek langsung  pemulihan kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya yang dilakukan SKPD terkait,  Kamis (7/4) pagi. Akhyar ingin pemulihan dilakukan secepatnya sehingga kawasan yang sudah berpuluh tahun dijadikan lokasi  transaksi jual-beli sayuran dan buah oleh pedagang kaki lima ini, benar-benar menjadi kawasan pertokoan yang tertata rapi, bersih aman dan nyaman.

 Akhyar tiba di lokasi sekitar pukul 06.15 WIB, kedatangannya langsung disambut Asisten Pemerintahan Setdakot Medan, Musadat Nasution, Kadis Perhubungan, Renward Parapat  serta Dirut PD Pasar, Beni Sihotang.  Kemudian Akhyar  mengecek petugas Dinas Bina Marga tengah melakukan pengorekan parit di Jalan Veteran.

Meski kawasan tersebut  rentan terjadinya aksi pelemparan sebagai bentuk  penolakan atas penertiban yang dilakukan namun Akhyar tak gentar sedikit pun. Dengan berjalan kaki, mantan anggota DPRD Medan itu memantau pengorekan parit dan drainase sampai di seputaran bekas Kantor RRI Jalan Martunis Lubis.

Kedatangan Wali Kota beserta beberapa pimpinan SKPD itu disambut Kasatpol PP, M Sofyan yang tengah menjaga sejumlah alat-alat berat milik Dinas Bina Marga tengah melakukan pengorekan drainase. Kondisi drainase di kawasan tersebut sangat parah,  tersumbat dan dipenuhi sampah. Tak pelak setiap kali hujan turun, kawasan tersebut langsung digenangi air.

Selain tim gabungan, proses pengorekan drainase juga mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Sementara itu para pedagang  tak satu pun yang melakukan aktifitas jual beli, mereka hanya duduk berkumpul di pinggiran jalan menyaksikan proses pengorekan. Sementara itu para preman yang selama ini mendukung pedagang melawan tim gabungan pada saat dilakukannya penertiban tak terlihat seorang pun.

Akhyar selanjutnya memberikan arahan sehingga pengorekan yang dilakukan lebih maksimal dan efektif. Kemudian orang nomor dua di Pemko Medan tersebut menunggui proses pengorekan agar sesuai dengan instruksi yang diberikan. Setelah satu jam Akhyar berada di lokasi, barulah datang Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan. Sedangkan Kadis Pertamanan, Zulkifli Sitepu tiba pada saat Akhyar ingin meninggalkan lokasi.

Menurut Akhyar, kehadirannya untuk melihat SKPD terkait seperti Dinas Kebersihan, Dinas Perhubungan, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan dan Dinas Pertamanan melakukan pemulihan di kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya menyusul dilakukannya penertiban oleh tim gabungan yang dipimpin Kasatpol PP Kota Medan, M Sofyan.

“Apa yang dilakukan pagi ini untuk memulihkan kawasan Jalan Sutomo menjadi kawasan pertokoan yang rapi, aman dan nyaman. Untuk itu kita harapkan SKPD yang terkait dengan pemulihan kawasan ini benar-benar melaksanakan tugasnya masing-masing dengan penuh tanggung jawab,” kata Akhyar.

Untuk itulah Akhyar kembali menghimbau kepada seluruh pedagang agar tidak berjualan kembali di Jalan Sutomo dan sekitarnya,  sebab  sampai kapan pun Pemko Medan akan melakukan penertiban jika para pedagang tetap ngotot  berjualan. “Apapun ceritanya Jalan Sutomo dan sekitarnya harus bersih dari pedagang kaki lima,”  tegasnya.

 Jika para pedagang tak bersedia berjualan di Pasar Induk Jalan Bunga Turi, Kelurahan Lau Cih, Kecamatan Medan Tuntungan, Akhyar menjelaskan Pemko Medan juga telah menyiapkan solusi dengan menyediakan sejumlah pasar tradisional yang ada di Kota Medan untuk menampung para pedagang  agar tetap bisa berjualan.

Sebelumnya tim gabungan melakukan penertiban di Jalan Perjuangan dan Jalan Rakyat, Kamis (7/4) sekitar pukul 03.00 WIB. Namun kehadiran tim gabungan lebih dulu ‘tercium’ para pedagang, mereka pun secepatnya menghentikan aktifitas jual beli dan langsung menyembunyikan sayuran dan buah di rumah-rumah warga.

Itu sebabnya ketika tim gabungan tiba di lokasi, mereka pun tidak melihat pedagang berjualan. Tim gabungan selanjutnya bertahan di lokasi sampai pukul 06.00 WIB, mereka kemudian bergerak menuju Jalan Sutomo dan sekitarnya untuk melanjutkan penertiban sekaligus mengawal  pemulihan kawasam yang dilakukan SKPD terkait.

Melihat tim gabungan datang, pedagang pun langsung kabur sambil menyelamatkan barang dagangannya masing-masing. Selanjutnya tim gabungan bersama aparat kepolisian siaga di lokasi sambil mengamankan SKPD terkait melakukan pemulihan di kawasan Jalan Sutomo dan sekitarnya. Sekitar pukul 09.30, tim gabungan membubarkan pedagang kaki lima yang menggelar lapak di Jalan Veteran.(red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.