oleh

May Day Dipusatkan Di Gelanggang Remaja

MetroRakyat.com | MEDAN – Perayaan May Day (Hari Buruh) di Kota Medan akan dipusatkan di Gelanggang Remaja Jalan Sutomo Medan, Minggu (1/5). Direcanakan, sekitar 3.000 buruh dari seluruh pabrik yang ada di ibukota Provinsi  Sumatera Utara ini akan hadir untuk merayakannya. Selain sialturahmi dan hiburan, para buruh akan menyampaikan pernyataan sikap dalam perayaan May Day tersebut.

Demikian terungkap ketika panitia May Day  beraudiensi dengan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di Balai Kota Medan, Kamis (21/4). Panitia May Day yang hadir ini merupakan perwakilan dari 15 Serikat Buruh/Serikat Pekerja yang ada di Kota Medan.

Menurut Gimin selaku Sekretaris Panitia May Day, perayaan  Hari Buruh dilakukan pukul 14.00 WIB. Hal itu dilakukan karena May Day  kali ini jatuh tepat Hari Minggu. Oleh karenanya mereka  memberikan kesempatan kepada buruh yang beragama Kristiani untuk menjalankan ibadah lebih dahulu.

“Perayaan May Day kita rencanakan akan dihadiri sekitar 3.000 buruh, sebab masing-masing Serikat Pekerja/Buruh akan menurunkan 200 orang perwakilannya. Sedangkan serikat Pekerja/Buruh yang tergabung dalam Panitia May Day sebanyak 15 serikat Pekerja/Buruh,” kata Gimin.

Selanjutnya Gimin mewakili seluruh buruh, berharap agar Wali Kota menghadiri perayaan May Day tersebut. Mereka ingin merayakan Hari Buruh tersebut dengan orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. “Selain bersilaturahmi, kita ingin menyampaikan aspirasi. Kalau biaya mencukupi, kita akan membuat lucky draw. Sebab, biaya perayaan May Day murni berasal dari swadaya buruh,”
jelasnya.

Di kesempatan itu beberapa panitia juga mengusulkan kepada Wali kota, agar Perayaan May Day untuk tahun depan bisa ditampungkan dalam APBD. Sebab, para buruh di Kota Medan tidak pernah lagi melakukan konvoi maupun unjuk kekuatan  pada saat merayakan May Day sehingga ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Wali Kota Medan didampingi  Asisten Pemerintahan, Musadad Nasution, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja Kota Medan, Armansyah Lubis dan Kepala Kesbangpol, Cheko Wakhda Ritonga sangat mendukung  dan mengapresiasi digelarnya May Day. Apalagi perayaan tersebut dilakukan para buruh dengan cara santun seperti melakukan silaturahmi antar buruh disertai dengan hiburan.

“Saya berharap perayaan May Day berjalan dengan aman dan lancar, sekaligus semakin memperkuat kebersamaan diantara para buruh. Semoga iklim kerja di Kota Medan semakin baik sehingga kesejahteraan para buruh pun semakin meningkat ke depannya,” harap Wali kota.(red)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: