Bupati Kab Sergai: Kaum Perempuan Kembangkan Potensi Diri dan Selalu Berkarya

Bupati Kab Sergai: Kaum Perempuan Kembangkan Potensi Diri dan Selalu Berkarya

MetroRakyat.com | SERGAI – Raden Ajeng (RA) Kartini merupakan sosok pejuang perempuan tanpa pamrih yang terus menjadikan perempuan mempunyai hak yang sama dengan kaum laki-laki. Menghapuskan anggapan bahwa wanita sebagai kaum yang lemah dan pelayanan laki-laki. Atas perjuangan Beliau emansipasi kaum perempuan setara dengan laki-laki. Untuk itu sudah sepantasnya kita mengenang dan tetap mengingat perjuangan RA Kartini sebagai sumber inspirasi kaum perempuan dalam memainkan peranannya.

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak dapat dipungkiri bahwa pemasalahan yang mendera kaum perempuan seperti maraknya tindak kekerasan, pelecehan seksual, penelantaran, ekspoitasi dan perdangangan manusia. Untuk itu Pemerintah terus meningkatkan kebijakan-kebijakan melalui regulasi yang dapat mengurangi permasalahan dimaksud. Goresan pena di atas tersebut sesuai dengan tema yang diusung yakni “Dengan Semangat Juang Kartini, Kita Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, Perdagangan Orang dan Kesenjangan Ekonomi terhadap Perempuan (Three Ends)”.

Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Kab Sergai) Ir. H. Soekirman  membeberkan kata  sambutan pada Peringatan Hari Kartini ke 137 Tahun 2016 yang diselenggarakan di Wisma Amerta PTPN IV Kebun Adolina Kecamatan Perbaungan, Selasa (19/4).

Semangat perjuangan RA Kartini diharapkan dapat memacu masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat agar dapat mengimplementasikannya kedalam program kegiatan di organisasi masyarakat, organisasi wanita dan SKPD terkait, jabar,  H. Soekirman.

Sebelumnya Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Ny. Hj. Marliah Soekirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Ketua GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya mengatakan bahwa keberadaan peranan perempuan masa sekarang tidak terlepas dari perjalanan sosok RA. Kartini sebagai pahlawan yang patut dikenang dan diteladani sepanjang masa karena perjuangannya yang telah menghantarkan kaum perempuan Indonesia kepada harkat dan martabat yang mulia. Berkat jasa Beliau kaum perempuan Indonesia dapat mengembangkan potensi diri, berkarya, berprestasi dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Melihat kilas bailk perjuangan RA Kartini sebagai perempuan yang pada masa itu hanya menjalankan sebagai ibu rumah tangga yang terbatas pada tugas dan fungsinya sebagai istri, untuk mengasuh anak, mengurus dapur dan tugas rumah tangga lainnya. RA Kartini memandang adanya kesenjangan intelektual diantara suami istri dalam hal pendidikan. Padahal untuk bisa membentuk keluarga yang baik diperlukan seorang ayah dan ibu yang berpendidikan tinggi pula agar terlahir generasi muda yang beriman, berakhlak mulia, cerdas dan berintelektual tinggi, terang, Ny. Hj. Marliah Soekirman.

Ketua Panitia Ketua DWP Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan kaum perempuan di Kabupaten Sergai akan makna perjuangan dan cita-cita RA. Kartini. Sehingga dapat menjadi motivasi bagi kaum perempuan agar turut berperan aktif dan menggali potensi diri dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Peringatan yang turut dihadiri Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar ST, Kapolres AKBP Hernowo Yulianto SIK, Kajari Sei Rampah Erwin Panjaitan, SH, mewakili Dandim 0204/DS Panglima Penghubung Kapten Sukaraito, para Kepala SKPD, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai, Ketua IKA Ny. Syahlan Siregar, Ketua Adhiyaksa Dharma Kartini Ny. Erwin Panjaitan, Kakan Kemenag, Pimpinan GOW dan LSM Wanita ini diisi dengan memberikan tali asih kepada 25 perempuan pejuang dan motivator keluarga dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga serta pemeriksaan kesehatan gratis bagi kaum perempuan.(Msp).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.