BABINSA BANTU ATASI PERMASALAHAN KEKERINGAN DI SAWAH

BABINSA BANTU ATASI PERMASALAHAN KEKERINGAN DI SAWAH

MetroRakyat.com | LABURA – Pada musim kemarau personel TNI dari Koramil 07/Aek Kota Baru Pelda Ponidi juga aktif berkoordinasi dengan UPTD Pertanian Kec. Aek Kota Baru dalam memantau sawah dan melaporkan data terkini kepada pimpinan masing-masing. Rabu (13/4).

Secara umum kondisi sawah di Dusun Masehi Desa Sei Raja Kecamatan Aek Kota Baru Kabupaten Labura masih aman, dalam arti masih menyimpan kelembapan tanah meski tidak mendapat sumber pengairan. Diharapkan dengan doa semua pihak, hujan akan turun seperti minggu sebelumnya meski intensitasnya kecil namun dapat mendukung pertumbuhan padi.

Menurut Pelda Ponidi, untuk saat sekarang, disaat kekeringan banyak dialami oleh para petani, cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pompanisasi guna mensuplai kebutuhan air area persawahan. Babinsa senantiasa melakukan pengecekan sebagai bagian tanggungjawab dalam upaya khusus pendampingan pertanian.

Upaya tersebut ditempuh karena irigasi yang ada tidak cukup memasok air untuk kebutuhan pertanian sehingga harus dibantu dengan sumur pantek. Keterbatasan tidak adanya pompa penyedot air diharapkan pok tani mendapat bantuan berupa pompa penyedot air minimal 2 unit di setiap kelompoknya dengan demikian kendala kekurangan air dapat teratasi.

“Harapan saya pihak Distannak akan memperhatikan kendala tersebut dan memberikan bantuan mesin penyedot air di tiap kelompok-kelompok tani yang membutuhkan, dan mudah-mudahan program swasembada pangan akan tercapai”, ujar Pelda Ponidi.(red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.