Pemerintah Kota dan Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar Peringati Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Dunia

Pemerintah Kota dan Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar Peringati Hari Lingkungan Hidup Nasional dan Dunia
Bagikan

METRORAKYAT.COM, PEMATANG SIANTAR – Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar Lomba Pengetahuan Lingkungan Hidup tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat. Perlombaan yang digelar di Balai Rahmat Shah Taman Hewan Pematangsiantar, Selasa (3/9) itu dalam
rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia dan diikuti siswa-siswi yang berasal dari 48 sekolah.

Walikota Pematangsiantar H. Hefriansyah, SE, MM yang langsung menghadiri kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan sesuai Undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan Hidup menyatakan setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, sebagai bagian dari hak azasi manusia.

“Dengan kata lain, kita yang hadir di sini berhak atas lingkungan yang baik dan sehat. Untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan sehat, merupakan kewajiban dan tanggung jawab semua pihak, baik itu pemerintah, swasta, masyarakat, industri, termasuk pelajar/mahasiswa,” terangnya.

Masih kata Hefriansyah, thema Hari Lingkungan Hidup Dunia Tahun 2019 adalah “Kendalikan Polusi Udara”. Sedangkan thema secara nasional, yakni “Biru Langitku, Hijau Bumiku”.

Thema tersebut, kata Hefriansyah, merupakan upaya untuk mengendalikan polusi udara yang sangat berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi lebih hijau, yaitu adanya keseimbangan pemanfaatan ruang dengan fungsi ruang terbuka hijau.

“Khusus kepada siswa-siswi peserta lomba pada hari ini, mari manfaatkan kesempatan ini untuk menambah wawasan serta kesadaran untuk mendukung gerakan pengendalian polusi udara. Mari kita dukung Program Sekolah Adiwiyata, yaitu gerakan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pematangsiantar yang juga panitia pelaksana Dedy Tunasto Setiawan, SH menyampaikan, tujuan kegiatan ini untuk mengajak semua termasuk siswa-siswi peserta lomba ikut serta dalam upaya mengendalikan polusi udara yang sangat berkaitan dengan upaya menata bumi menjadi lebih hijau.

Perlombaan Pengetahuan Lingkungan Hidup tingkat SD/sederajat diikuti 16 sekolah, tingkat SMP/sederajat 15 sekolah, dan SMA/sederajat 17 sekolah. Sedangkan tim penilai (juri) dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, Dinas Pendidikan Pematangsiantar, Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematangsiantar, Universitas Simalungun (USI), dan pegiat lingkungan hidup dari Taman Hewan Pematangsiantar.

Kegiatan ini juga dihadiri Walikota Staf Ahli Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat se-Kota Pematangsiantar, kepala sekolah, guru pembimbing, tim juri, dan pelajar. (MR/Tim)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.