Mari Mengenal Tiga Wisata di Desa Bagan Kuala, Ini Lokasi Pantai Merdeka

Mari Mengenal Tiga Wisata di Desa Bagan Kuala, Ini Lokasi Pantai Merdeka
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Pesona Pantai Merdeka sebagai tempat rekreasi yang ekonomis dan cocok untuk bersantai menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi ini semakin diminati oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan kegiatan yang menyenangkan, namun tetap ramah di kantong.

Pantai Merdeka yang terletak di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) ini berbagai aktivitas bisa dinikmati oleh setiap pengunjung, baik muda maupun anak-anak.

Mulai dari berfoto dengan latar belakang lautan yang memukau, bersantai dan beristirahat di pondok-pondok yang disediakan, hingga menikmati momen makan bersama keluarga sambil merasakan hembusan angin laut dan suara deburan ombak.

Bukan hanya itu, berenang dengan deburan ombak juga menjadi favorit anak-anak dengan riang bermain di tepian pantai, sambil ditemani alunan musik yang disediakan pengelola pantai.

Salah seorang pengunjung yang berasal dari Kota Medan, Dila (32) mengungkapkan, kesan berlibur di Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala ini terasa nikmat apalagi jika bersama keluarga tersayang.

“Kami datang bersama keluarga sangat menyenangkan melihat anak-anak bermain di tepi pantai dengan suasana angin laut yang segar. Pemandangan laut yang luas dengan perahu nelayan di kejauhan menambah kesan tersendiri,” ujarnya kepada awak media, Minggu (1/9/2024) saat di lokasi Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala.

Ia juga menyebutkan bahwa ini adalah kunjungan pertamanya di Pantai Merdeka, datang dengan menggunakan mobil dan disambut hangat oleh petugas pantai.

“Harga tiket masuk di pantai ini sangat terjangkau, hanya Rp 20 ribu. Fasilitasnya juga cukup lengkap, mulai dari musholla, tempat mandi, pondok hingga area bermain dengan ayunan diatas hamparan pasir putihnya,” ungkap Dila.

Begitu juga dengan Wagini pengunjung lokal yang berasal dari Desa Pematang Cermai, Kecamatan Tanjung Beringin juga merasakan hal serupa tentang kepuasan berlibur di Pantai Merdeka.

Mereka sengaja berencana berlibur di Pantai Merdeka sebagai tempat untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga.

“Kami memang rencanakan berlibur hari Minggu di Pantai Merdeka membawa keluarga dan anak-anak. Selain dekat, akses jalan bagus, tempatnya indah dan tiket masuknya terjangkau,” tuturnya.

Wagini juga menyebutkan, disini menikmati suasana pantai sangat nikmat, apalagi dengan membakar – bakar ikan.

“Kenikmatan suasana sangat terasa dengan hembusan angin pantai yang segar dan pastinya lebih nikmat sambil bermain di atas putihnya pasir pantai,” bilangnya.

Kita ketahui bahwa Desa Bagan Kuala memiliki wisata pantai ada tiga lokasi diantaranya yang pertama saat memasuki gerbang “Selamat Datang di Desa Bagan Kuala” tepat dekat tikungan jalan pertama ada pantai yang diberi nama Pantai Baru, dan yang kedua Pantai PMT dan yang ketiga yaitu Pantai Merdeka “Kampung Kito” Desa Bagan Kuala.

Diantara ketiga wisata bahari pantai tersebut, hanya Pantai Merdeka “Kampung Kito” Desa Bagan Kuala yang sudah masuk dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemerintah Kabupaten Sergai.

Ini membuktikan bahwa pengelola Pantai Merdeka memang benar-benar serius dalam mengelola pantai dan dapat untuk memajukan Desa Bagan Kuala.

Jadi para pengunjung yang belum pernah dan belum mengetahui di mana sebenarnya Pantai Merdeka itu dapat berkunjung di Desa Bagan Kuala serta dapat menelusuri tiga lokasi wisata pantai tersebut.

Adapun tiga lokasi pantai itu adalah yang pertama didapati yaitu Pantai Baru, kemudian Pantai PMT, dan yang ketiga baru mendapati lokasi Pantai Merdeka “Kampung Kito”.

Sebab pantai yang ketiga yaitu Pantai Merdeka itu secara rutin melakukan pembenahan oleh pengurus pantai dengan menambah keindahannya untuk kenyamanan para pengunjung.

Hal itu sudah terbukti dan dibuktikan oleh para pengurus wisata bahari Pantai Merdeka yang satu ini, dengan adanya penambahan pondok-pondok, budidaya kepiting bakau yang dijadikan sebagai kolam pancing untuk pengunjung, serta penambahan pondok angin untuk pengunjung menikmatinya secara langsung di Pantai Merdeka “Kampung Kito” Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai. (MR/AS)

Metro Rakyat News