Ikuti Giat Haroan Bolon, Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Ikut Serta Membangun Simalungun

Ikuti Giat Haroan Bolon, Ketua TP PKK Ajak Masyarakat Ikut Serta Membangun Simalungun
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Simalungun Ny Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak masyarakat untuk ikut serta membangun Simalungun.

Ajakan tersebut disampaikan Ratnawati saat mengikuti kegiatan Haroan Bolon (Gotong-royong) di Kecamatan Bosar Maligas, Simalungun, Sumut, Senin (24/6/2024).

Selanjutnya Ratnawati juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama bergandengan tangan memajukan Kabupaten Simalungun ini agar pembangunan di Tanoh Habonaron Do Bona bisa seimbang dengan daerah lain.

“Mari kita tetap solid dan tetap bisa kita bergandengan tangan untuk ke depan, sehingga apapun yang terjadi kita harus sama-sama marharoan bolon,”ajak Ratnawati.

“Dan untuk membangun Simalungun bukan hanya tanggungjawab Bupati tetapi ini merupakan tanggungjawab bersama untuk kemajuan daerah kita,”ujar Ratnawati menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Esron Sinaga membacakan sambutan Tertulis Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga.

Sekda menyampaikan bahwa saat ini anggaran Pemerintah Kabupaten Simalungun sangat terbatas untuk membangun semua jalan yang rusak di Kabupaten Simalungun.

Oleh sebab itu, Sekda mengajak semua pihak agar bersama-sama dan bahu membahu untuk membangun Tanoh Habonaron Do Bona, salah satunya dengan Marharoan Bolon.

“Pemerintah Kabupaten Simalungun siap untuk memberikan bantuan berupa fasilitas sarana mesin, tenaga operator dan tenaga teknis sebagai bentuk dukungan dalam kegiatan Marharoan Bolon ini,”kata Sekda.

Lebih lanjut, Sekda menyampaikan tentang capaian kinerja Pemkab Simalungun terkait pembangunan infrastruktur jalan.

Disampaikan Sekda bahwa, panjang ruas jalan di Kabupaten Simalungun kurang lebih 1.800 km, pada tahun 2021 kemantapan jalan berkisar 34% atau sekitar 600 km dan pada tahun 2024 sudah mencapai 881 km atau berkisar 48%.

Sebelumnya Camat Bosar Maligas Rosmardiah melaporkan bahwa, Kecamatan Bosar Maligas telah melaksanakan Haroan Bolon memperbaiki ruas jalan di Kelurahan Bosar Maligas menuju Dusun Pengkolan.

Menurut Rosmardiah, dalam melaksanakan kegiatan Haroan Bolon, pihaknya berkolaborasi dengan pihak PTPN IV, PT. MURIDA, PT.GELORA, dan PT. HARKAT.

Rosmardiah juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Simalungun atas pembangunan sejumlah ruas jalan hotmix di wilayah kecamatan Bosar Maligas pada tahun 2023 untuk mendukung peningkatan perekonomian, sekaligus kelancaran transportasi bagi masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktifitas sehari-hari.

Pangulu Nagori Adil Makmur juga menambahkan bahwa di Nagori nya juga saat ini sedang ada pekerjaan pembangunan tembok penahan tanah longsor dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang sudah bertahun-tahun hampir putus tidak pernah diperbaiki.

Giat Haroan Bolon tersebut juga dirangkai dengan penyaluran bantuan BLT dari dana desa, bantuan susu dan kacamata baca kepada Lansia, insentif guru ngaji dan guru sekolah minggu, oven dan mixer kepada pelaku UMKM, dan bantuan jalan usaha tani produksi perkebunan kepada kelompok tani Lestari Jaya Nagori Boluk.

Tampak juga hadir Kadis Koperasi dan UKM Marulitua Tambunan, Kepala Inspektorat Roganda Sihombing, Kadis DPMPN Sarimuda Purba, Kadis Kominfo Andri Rahadian, Kadis Sosial Osnidar Marpaung, Kadis Perpustakaan dan Arsip Afdoli, Dirut PDAM Dodi Ridowin Mandalahi, Forkopimca Bosar Maligas bersama para pangulu/lurah se- Kecamatan Bosar Maligas, pengurus TP PKK Kabupaten dan kecamatan. (MR/Red)

Metro Rakyat News