Panwaslih Aceh Barat Bergerak Cepat Pasca Pelantikan: Intensifkan Pengawasan Proses Seleksi Calon Anggota PPS

Panwaslih Aceh Barat Bergerak Cepat Pasca Pelantikan: Intensifkan Pengawasan Proses Seleksi Calon Anggota PPS
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ACEH – Pasca pelantikan pada 17 Mei 2024 di Banda Aceh, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat telah bergerak cepat dengan membentuk struktur organisasi serta melakukan pengawasan intensif di lapangan.

Orian Saputra, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, menjelaskan serangkaian langkah yang telah diambil oleh Panwaslih.

Menurut Saputra, setelah pembentukan struktur organisasi, Panwaslih Aceh Barat langsung melakukan pertemuan dengan Muspida Plus yang melibatkan Pj. Bupati Aceh Barat, Kesbangpol, dan Kapolres Aceh Barat. Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan KIP Aceh Barat dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Aceh Barat pada hari kedua.

“Kami juga telah menjalin silaturahmi dengan berbagai instansi terkait, dan dalam beberapa hari ke depan, kami berencana untuk bertemu dengan Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Barat dan Kodim 0105 Aceh Barat,” ungkap Orian Saputra.

Sementara itu, tim Panwaslih sudah mulai melakukan pengawasan di lapangan dengan fokus utama pengawasan pada proses seleksi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan oleh KIP Aceh Barat di beberapa kecamatan.

“Kami telah mengawasi pelaksanaan wawancara di tujuh kecamatan, antara lain Kecamatan Woyla, Kaway XVI, Meureubo, Johan Pahlawan, Bubon, Samatiga, dan Arongan Lambalek. Hari ini, kami juga sedang mengawasi lima kecamatan lainnya, termasuk Pante Ceureumen, Panton Reu, Woyla Timur, Woyla Barat, dan Sungai Mas yang prosesnya dilakukan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat,” jelas Orian Saputra.

Sementara itu, Orian Saputra juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada pelanggaran atau dugaan pelanggaran yang ditemukan dalam proses tersebut. “Semuanya berjalan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku,” tutup Saputra.(MR/udinjazz)

Metro Rakyat News