Kabupaten Samosir Suplai Ikan dan Bawang Pakpak Bharat, Bupati Samosir Teken Kesepakatan Dengan Bupati Pakpak Bharat 

Kabupaten Samosir Suplai Ikan dan Bawang Pakpak Bharat, Bupati Samosir Teken Kesepakatan Dengan Bupati Pakpak Bharat 
Bagikan

METRORAKYAT. COM, SAMOSIR – Kabupaten Samosir menjadi penyuplai beberapa hasil pertanian diantaranya ikan dan bawang merah ke Kabupaten Pakpak Bharat. Hal ini sebagaimana kesepakatan bersama yang sudah ditandatangani antara Bupati Samosir Vandiko T. Gultom dan Bupati Pakpak Bh1arat Franc Bernhard Tumanggor di Kawasan Balai Benih Ikan (BBI) Desa Jani Martahan-Harian, 03/04.

Turut hadir Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Wakil Ketua DPRD Pantas M. Sinaga, Wakapolres Samosir T. Panggabean, Pabung 0210 TU G. Sebayang, Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Ketapang dan Pertanian Tumiur Gultom, Kadis Kopnakerindag Rista Sitanggang, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Camat Harian P. Hartopo Manik dan beberapa pimpinan OPD lainnya.

Kesepakatan bersama ini diikuti dengan perjanjian kerjasama dinas teknis yaitu Dinas Ketapang dan Pertanian, Dinas Kopnakerindag dari kedua Kabupaten. Sebelumnya, Bupati Samosir, Bupati Pakpak Barat, Wakil Bupati Samosir melaunching objek wisata baru Mina Wisata Edukasi (Miduk) BBI ditandai dengan pemukulan gendang bersama Forkopimda Kabupaten Samosir dilanjutkan dengan penanaman pohon.

Untuk meningkatkan nilai tambah dalam peningkatan PAD, Pemkab Samosir melakukan inovasi baru dengan menciptakan BBI menjadi mina wisata edukasi. Objek ini nantinya akan memberikan edukasi kepada wisatawan diantaranya edukasi pemijahan dan pendederan ikan, edukasi pembesaran, edukasi pakan alami. Ditempat ini juga tersedia kolam bermain ikan untuk anak-anak, kolam pancing untuk umum. Selain edukasi, wisatawan dapat menikmati kuliner dan panorama alam yang didukung menara Janji Martahan.

Bupati Samosir mengatakan kesepakatan bersama tersebut menunjukkan sinergi yang bagus, saling menguntungkan kedua kabupaten dan tentunya bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Kabupaten Samosir siap menyuplai ikan dan bawang merah ke Kabupaten Pakpak Bharat dan Kesepakatan tersebut menjadi penyemangat bagi petani untuk lebih bergiat dalam pembuatan dan penggunaan pupuk organik guna peningkatan hasil panen.
“Terima kasih kepada kepada Bupati Pakpak bharat nanti dari Samosir akan menyuplai bawang merah dan ikan. Saya berharap apa yang ada di Pakpak Bharat bisa dikerjasamakan, mari bersinergi dan saling mendukung untuk kesejahteraan masyarakat” kata Vandiko

Dalam pemenuhan kebutuhan ikan ke Pakpak Bharat, Pemkab. Samosir akan mengutamakan hasil dari pengelola kolam darat yang terdampak akibat penertiban KJA.
“Ini sebagai solusi agar petani semakin bersemangat dalam usaha kolam darat, kita utamakan kolam darat kalau kurang baru dari KJA” ucap Vandiko.
Sebagai mina wisata edukasi, Bupati Samosir mengatakan BBI harus tetap menonjolkan fungsi dasarnya sebagai unit pelaksana pembenihan, maka diharapkan target pembenihan meningkat sehingga pengunjung dapat menikmati seluruh prosesnya, mulai dari pemijahan menjadi larva.

Bupati Pakpak bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan sesama kabupaten kawasan Danau Toba harus saling mendukung, kerjasama dua wilayah bertetangga yang membuka akses langsung diberbagai bidang untuk kesejahteraan masyarakat.”Kami tidak berkompetisi tapi saling membantu, saling mendorong dan saling menyuplai dalam bidang pertanian dan lainnya, semoga Kabupaten Samosir terus berkembang menjadi saluran berkat bagi Kabupaten dikawasan Danau Toba” kata Franc Bernhard Tumanggor

Sebagai timbal balik atas kesepatannya dengan Bupati Samosir, Franc Bernhard Tumanggor menawarkan produk pertanian gambir yang dapat dijadikan sebagai pewarna ulos. Selain itu ia juga mempromosikan produk UMKM yang sudah dikemas dari bahan gambir.
“Selanjutnya dalam kesepakatan bersama ini produk yang dikerjasamakan akan diturunkan satu persatu, di Samosir banyak perajin ulos dan kami ada pewarna dari gota gambir, ini kita harapkan menjadi pertukaran” Ucap Franc.

Sementara itu Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir Tumiur Gultom menjelaskan, Mina wisata edukasi (Miduk) BBI dibuka pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur pukul 10.00 wib-17.00.wib, hasil pancingan wajib ditimbang dan dibayar 25.000/kg.(MR/Rel)

Metro Rakyat News