Wali Kota Bagikan Susu PMT kepada Lansia Siantar Martoba dan Siantar Marihat

Wali Kota Bagikan Susu PMT kepada Lansia Siantar Martoba dan Siantar Marihat
Bagikan

METRORAKYAT.COM, PEMATANG SIANTAR – Wali Kota Pematang Siantar dr Susanti Dewayani SpA membagikan susu Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada para lanjut usia (lansia) di Kecamatan Siantar Martoba dan Kecamatan Siantar Marihat, Jumat (01/12/2023). Kegiatan tersebut juga dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59.

Di Kecamatan Siantar Martoba, kegiatan yang juga dihadiri Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) Kota Pematang Siantar Aprial M Rizaldi Ginting SH berlangsung di halaman Kantor Lurah Naga Pitu, Jalan Rabbaik Purba.

Di acara tersebut, dr Susanti senam bersama ratusan lansia yang dipandu instruktur.

Dalam sambutannya, dr Susanti menyampaikan Pemerintah Kota (Pemko) Pematang Siantar terus memperhatikan para lansia. Salah satunya, terus hadir memberikan pelayanan kesehatan.

Kaum lansia, sambung dr Susanti, telah memberikan dedikasi dan perhatiannya dalam membangun Kota Pematang Siantar.

“Walau sudah purnabakti, tugas dan tanggung jawab lansia terus berjalan sampai sepanjang hayat,” sebut dr Susanti.

dr Susanti menegaskan, usia boleh berlanjut namun lansia harus tetap sehat, mandiri, dan bahagia.

Kegiatan tersebut, juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis. dr Susanti mengajak seluruh lansia untuk melakukan pemeriksaan kesehatan guna memantau kesehatan.

“Dengan demikian kita bisa mencegah, kalau boleh jangan sampai sakit,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, dr Susanti meminta agar kegiatan seperti itu dilaksanakan secara rutin.

“Karena dengan sering berkumpul, maka bahagia akan tercipta,” ujarnya.

Sebelumnya, Camat Siantar Martoba Irfan MSi dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk perhatian kepada lansia agar tetap sehat dan bahagia.

“Kami lihat, para lansia begitu bahagia mengikuti senam tadi. Mudah-mudahan senyum lansia menjadi berkah kepada kami yang muda ini,” tukasnya

Sementara itu, Ketua Kormi Kota Pematang Siantar Aprial M Rizaldi Ginting SH dalam sambutannya menyampaikan, kaum lansia dinilai sosok yang luar biasa, penuh pengalaman, dan bijaksana.

“Fase lansia merupakan sebuah berkah dari Tuhan. Belum tentu kami yang muda-muda ini sampai di fase itu,” ujar Pembina UMKM Siantar Martoba-Sitalasari (SMS) itu.

Gebyar Lansia di Kecamatan Siantar Martoba ini ditutup dengan pemberian susu secara simbolis kepada lansia.

Hadir pada kegiatan ini, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, para unsur Forkopimcam Siantar Martoba, Kepala Puskesmas Rami dr Riyanti Napitupulu, dan para lurah.

Sementara itu, di Kecamatan Siantar Marihat, kegiatan yang sama dilaksanakan di Lapangan Farel Pasaribu, Kelurahan Sukamaju.

Dalam arahan dan bimbingannya, dr Susanti bersyukur para lansia telah diberikan anugerah usia yang luar biasa.

Pemko Pematang Siantar, kata dr Susanti, memberikan perhatian kepada para lansia melalui berbagai kegiatan.

“Seperti yang berlangsung pagi ini,” kata dr Susanti, seraya menambahkan sebelumnya ia juga menghadiri kegiatan yang sama di Kelurahan Naga Pita Kecamatan Siantar Martoba.

Masih menurut dr Susanti, usia boleh bertambah, yang terpenting tetap sehat, mandiri, dan bahagia harus diraih.

Pemko Pematang Siantar, lanjut dr Susanti, mengucapkan terima kasih kepada para lansia yang di masa mudanya telah mendedikasikan dan berperan serta untuk kesinambungan pembangunan di Kita Pematang Siantar.

“Namun kami tetap mengharapkan partisipasi lansia yang telah memiliki banyak pengalaman dan kebijaksanaan,” kata dr Susanti.

Dalam kesempatan tersebut, dr Susanti menyampaikan Pemko Pematang Siantar berkomitmen menggelar kegiatan agar lansia mudah mendapatkan akses kesehatan, seperti pemeriksaan kesehatan gratis.

“Kegiatan seperti ini akan dilaksanakan secara periodik. Kalau lansia kumpul, maka akan merasa bahagia, bisa bernostalgia, dan jauh dari pikun karena akan mengingat masa-masa lalu,” tukas dr Susanti.

Camat Siantar Marihat Henri Gunawan Purba SH menyampaikan, dalam kegiatan tersebut diikuti para lansia yang berasal dari 7 kelurahan di Kecamatan Siantar Marihat. Setiap kelurahan menghadirkan 30 orang lansia.

“Hari ini PMT secara simbolis kepada 30 lansia dari setiap kelurahan. Sedangkan kepada lansia yang tidak hadir, akan disampaikan oleh lurah masing-masing.

Henri pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut. Termasuk Puskesmas Pardamean dan Puskesmas BP Nauli yang telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan gratis di lokasi tersebut.

Kegiatan diawali senam bersama dan dimeriahkan undian berhadiah.

Turut hadir, Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Dra Happy Oikumenis Daely, Danramil 03/Siantar Selatan Kapten Inf Teguh Sugiono, Kapolsek Siantar Marihat AKP Robert Santoni Purba SH, serta para lurah. (M. Baringin P Sihombing)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.