Safa Masyarakat, Bupati Inhu Buka event Festival Pacu Sampan Godang Tradisional 

Safa Masyarakat, Bupati Inhu Buka event Festival Pacu Sampan Godang Tradisional 
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Bupati Inhu Rezita  Meylani Yopi SE secara resmi membuka event wisata  festival pacu sampan godang tradisional di Tepian Titian Komang Wisata Desa Pematang Kecamatan Batang Peranap Kabupaten Inhu Jumat (1/12/2023) sore.

Pembukaan event wisata festival pacu sampan godang tradisional  ditandai dengan pemukulan Gong disaksikan oleh Asisten I Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemerintahan Kabupaten Inhu, Syahruddin,  Kepala Disporapar Inhu, Atan SP, Sejumlah Kepala OPD Inhu, Anggota Dewan, Kapolsek, Danramil,Camat Batang Peranap, Tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan peserta pantia lomba pacu sampan godang Tradisional.

Usai pelepasan festival pacu sampang godang tradisional tersebut bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE didampingi Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Inhu, Syahruddin menyapa ribuan masyarakat  disepanjang sungai Tepian Titian Komang Wisata Desa Pematang dengan menggunakan perahu karet.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata ( Diaporapar) Pemkab Inhu, Atan SP didampingi Kabid Parawisata, Yulli Istaryanti Cipta Ningrum di selah Tepian Komang wisata Desa Pematang mengatakan, festival pacu sampan godang tradisional di Tepian Titian Komang wisata Desa Pematang ini berlangsung selama empat hari.

Sejak tanggal 29 -30 Nopember 2023 telah dilaksanakan festival pacu sampan mini, dan dilanjutkan festival pacu sampan godang tradisional yang akan dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 1 – 2 Desember tahun 2023 dimana festival pacu sampan mini tradisional ini diikuti  22 jalur  dan festival pacu sampan godang tradisional yang akan bertanding sebanyak 18 jalur.

Kadispirapar Inhu  menambahkan, Kabupaten Inhu terdapat tiga rayon pelaksanaan pacu sampan, pertama   sudah dilaksanakan di tepian Sialang Lotung Pasir Sialang Jaya Kecamatan Lirik, kedua di Tepian Jembatan Trio amanah Kecamatan Rengat  dan ketiga yang saat  sedang berlangsung di Tepian Titian Komang wisata Desa Pematang Kecamatan Batang Peranap merupakan rayon I di Kabupaten Inhu.

Pelaksanaan festival pacu sampan tradisional ini bertujuan untuk memajukan  wisata yang ada di Inhu dan ajang silaturahmi masyarakat dengan pemerintah Inhu.

Selain memajukan wisata juga meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat khususnya pelaku UMKM karena setiap pelaksaaan festival pacu sampan pengunjung  selalu tumpah ruah menyaksikan festival pacu sampan.

“Kemudian juga kegiatan festival pacu sampan ini  meningkatkan olahraga  dalam persiapan event pacu sampan tingkat nasional sebagaimana kabupaten Inhu dua tahun berturut sejak tahun 2022 dan tahun 2023 mengukir prestasi gemilang di event nasional Tepian Narosa Teluk Kuantan,” katanya.

Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE menyampaikan, kegiatan festival pacu sampan godang tradisional di Tepian Komang wisata Desa Pematang ini menjadi wahana untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam upaya melestarikan tradisi pacu sampan yang telah menjadi bagian dari nilai nilai budaya yang hidup, tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Karena pelaksanaan event festival pacu sampang tradisional mampu memberikan dampak yang signifikan terutama dalam  pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Bupati Inhu juga menambahkan, bahwa kegiatan ini bagian dari agenda program Irama Desa untuk menyafa Desa dan mengunjungi langsung  masyarakat khususnya masyarakat Desa Pematang Kecamatan Batang Peranap.

“Mari kita sama sama menjaga kekondusifan, selama bertanding menjunjung tinggi sportifitas antar pemain, terus saling bersinergi dan berkolaborasi dalam menciptakan  kebaikan agar kegiatan festival pacu sampang godang tradisional di Tepian Komang Pematang berjalan dengan lancar untuk melahirkan bibit atlet dayung yang membanggakan di Kabupaten Inhu,”tutupnya. ( MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.