Gawat, Proyek Borongan Rehab Balai Kampung di Agung Dalem Belum Kelar !!!

Gawat, Proyek Borongan Rehab Balai Kampung di Agung Dalem Belum Kelar !!!
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TULANGBAWANG – Proyek rehabilitasi gedung Balai Kampung Agung Dalem, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang (Tuba), yang bersumber dari dana APBD – P Provinsi Lampung, ternyata hingga hari ini belum selesai dikerjakan oleh pihak pelaksana.

Proyek Rehabilitasi Balai Kampung Agung Dalem itu dikerjakan oleh CV. Dwi Cendikia, pagu anggaran sebesar Rp.199,515.000, konsultan CV. Trimitra Jaya, tanggal SPK 13 November tahun 2023. Progres pelaksanaannya tidak tepat waktu sesuai regulasi.

“Ini proyek rehab balai kampung kok belum selesai ya. Padahal ini sudah tanggal 19 Desember. Mustinya sudah harus selesai, ini waktunya sudah lebih dari satu bulan,”kata Budi, salah satu warga masyarakat.

Ia menambahkan, molornya pekerjaan yang belum selesai itu telah menambah deretan permasalahan baru. Sejak mulai dari proses awal pekerjaan sudah muncul masalah, ditambah lagi pekerjaan yang belum rampung tertanggal 19 Desember 2023.

“Ini baru satu (1) titik dari empat (4) titik yang sudah terpantau, dan masih ada tiga (3) titik lagi yang belum dipantau, tersebar di Kampung Tri Tunggal Jaya, Sukamaju dan Bujuk Agung. Tiga titik lokasi tersebut akan segera dipantau,”kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lembaga Peduli Pembangunan Daerah (LPPD) Kabupaten Tulangbawang menyoroti anggaran rehabilitasi Balai Kampung di Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulangbawang.

Rehabilitasi Balai Kampung pada 4 Kampung di Kecamatan Banjar Margo itu dari APBD-P 2023 Provinsi Lampung, melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya.

Empat kampung di Kecamatan Banjar Margo yang mendapat alokasi rehabilitasi balai kampung itu yakni, Bujuk Agung, Agung Dalem, Tri Tunggal Jaya dan Kampung Suka Maju.

Ketua LPPD Kabupaten Tulangbawang, Aliyanto, mengatakan, rehabilitasi Balai kampung di Kampung Agung Dalem dan Suka Maju itu di subkontrakan kepada kampung.

“Disubkontrakan kepada kampung senilai 70 juta rupiah. Padahal pagu anggaranya mencapai hampir 200 juta rupiah. Ini menarik bagaimana bisa pagu anggaran 200 juta rupiah bisa dilakukan hanya dengan 70 juta rupiah. Untung besar dong,” kata Aliyanto, Sabtu (26/11/2023).

Menurut Aliyanto, pihak rekanan juga tidak memasang papan informasi kegiatan atau proyek di Kampung Suka Maju dan Agung Dalem.

“Jadi kita juga tidak tahu itu pelaksananya dari Perusahaan apa dan dari mana. Konsultanya perusahaan apa tidak tahu. Tapi untuk yang di Suka Maju sudah selesai dikerjakan sedangkan untuk Kampung Agung Dalem masih proses pengerjaan,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk rehabilitasi balai kampung pada kampung Tri Tunggal Jaya dan Kampung Bujuk Agung dikerjakan oleh CV.Junior Pratama.

Pagunya sama yakni hampir sama yakni 199 juta rupiah. Keduanya masih dalam proses pengerjaan.

Kepala Kampung Bujuk Agung, Iskandar, mengatakan, jika pelaksana proyek dari CV.Junior Pratama itu dari Kota Bumi, Lampung Utara. (MR/Deky)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.