Ketua Permabudhi Sumut Bersilaturahmi ke Kediaman Tuan Guru Basilam

Ketua Permabudhi Sumut Bersilaturahmi ke Kediaman Tuan Guru Basilam
Foto : Wong bersama juru kunci saat berziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi an-Naqsyahbandi.(metrorakyat.com)
Bagikan

METRORAKYAT.COM, LANGKAT – Ketua Permabudhi Sumatera Utara, Wong Chunsen Tarigan melakukan kunjungan silaturahmi ke kediaman Tuan Guru Babussalam Basilam, Syekh Zikmal Fuad yang berada di Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Rabu (29/11/2023), kemarin sore.

Kedatangan Wong yang juga Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan tersebut langsung disambut Tuan Guru Ke-13, Syekh Dr. Zikmal Fuad dari Tuan Guru pertama, Syekh Abdul Wahab Rokan, al-Khalidi Naqsyabandiyah di Riau dan Sumatera Timur pada abad ke-19 hingga awal abad ke-20.

Wong mengucapkan terimakasih dapat bertemu langsung dengan Tuan Guru Basilam, Syekh Zikmal Fuad.

Saat bertemu Wong menyampaikan bahwa ia baru saja pulang dari kunjungan kerja ke DPRK Aceh Tamiang, dan kemudian singgah ke Basilam.

Pada bincang-bincang tersebut, Wong menyampaikan bahwa dirinya sebagai wakil rakyat selama dua periode yang kini diamanahkan sebagai Sekretaris Komisi 2 DPRD Medan, selain itu juga aktif dalam organisasi keagamaan yang kini dipercaya menjadi Pimpinan Daerah Persatuan Umat Buddha Indonesia Sumatera Utara.

Senada dengan itu Tuan Guru Basilam, Syekh Zikmal Fuad mengucapkan terimakasih atas kedatangan Wongchunsen ke kediamanannya.

“Terimakasih atas kedatangan kemari, saya mendoakan agar Pak Wong diberikan kesehatan dan keberkahan lancar melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat. Karena amal dan kebaikan, Insyallah pada Pemilihan legislatif mendatang kembali terpilih dalam mengembang amanah rakyat di gedung parlemen di DPRD Medan,” ucap Tuan Guru Basilam.

Usai bertemu dengan Tuan Guru Basilam, Syekh Zikmal, kemudian Wong berziarah ke Makam Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi an-Naqsyahbandi.

Sosok Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan al-Khalidi an-Naqsyahbandi, orang yang dipercaya untuk mengembangkan ajaran islam, Kampung Babussalam Besilam, Kabupaten Langkat sendiri dibentuk pada tahun 1883 oleh Syekh Abdul Wahab Rokan, di atas tanah wakaf seluas 131,5 hektar dari Raja Musa.

Ia pun mulai menyebarkan agama Islam di sana dan memiliki banyak jemaah.

Di sela-sela kunjungan silaturahminya, Wong menyebutkan Syekh Zikmal Fuad merupakan Tuan Guru berusia muda yang intelektual, dan menjadi tauladan serta inspirasi bagi generasi muda.

“Tentu yang pertama buat saya adalah silaturahminya, yang kedua bisa mendengar cerita sejarah perkembangan Islam yang ada di sini dan beliau menjadi satu tokoh yang sangat dihormati di sini. Banyak belajar lah saya dari beliau,” tutur Wong yang kini kembali ikut dalam konsentasi Calon Legislatif dari Daerah Pemilihan Kecamatan Medan Timur, Medan Perjuangan, Medan Tembung dan Medan Deli.

Sebagaimana diketahui dalam sejarahnya, Tuan Guru Babussalam memiliki peran penting dalam syiar agama Islam, khususnya Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah.

Banyak tokoh bangsa yang pernah bersilaturahmi ke Besilam, bahkan baru-baru ini Mantan Gubernur Jawa Tengah yang kini Calon Presiden, Ganjar Pranowo juga berkunjung ke kediaman Tuan Guru Basilam.

@dprdmedan, Tuan Guru Basilam, Ganjar Pranowo, Wongchunsen Tarigan ke Langkat, PDI Perjuangan,

Foto : Ketua Permabudhi Sumatera Utara, yang juga Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan, Wongchunsen Tarigan bertemu dengan Tuan Guru Basilam Syekh Dr. Zikmal Fuad. (MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.