Sambut HUT RI Ke 78 dan Kemenkumham RI, Lapas Lhoksukon Gelar Gotong Royong

Sambut HUT RI Ke 78 dan Kemenkumham RI, Lapas Lhoksukon Gelar Gotong Royong
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ACEH UTARA – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lhoksukon, Provinsi Aceh, bergotong royong bersama, dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke -78 dan semarakkan Hari Ulang Tahun Kemenkumham RI ke -78, Selasa (1/8/2023).

Kegiatan gotong royong itu, diantaranya dengan membersihkan lingkungan di dalam maupun di luar Lapas, Pemasangan rumbai-rumbai, umbul-umbul, spanduk dan berbagai ornamen hiasan di depan kantor Lapas Lhoksukon oleh petugas dan tamping secara bergotong-royong, kompak dan bahu-membahu dibawah pimpinan langsung Plt. Kalapas Kelas IIB Lhoksukon serta beberapa pejabat struktural Lapas Lhoksukon.

Rusli, SH selaku Plt. Kalapas Lhoksukon mengungkapkan kegiatan gotong royong ini di inisiasi oleh dirinya Langsung.

“Kegiatan gotong royong ini sebagai wujud penyambutan terhadap Hari Raya Kemerdekaan dimana 17 Agustus adalah hari bersejarah bagi Bangsa Indonesia dimana hari tersebut dibacakannya Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang merupakan tonggak awal yang menjadi dasar pengakuan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia oleh dunia internasional (NKRI) serta berbarengan dengan kemeriahan HUT Kemenkumham RI,” ungkapnya.

Rusli, menuturkan bahwa, di bulan Agustus ini menjadi bulan yang istimewa dan penuh berkah bagi warga binaan di seluruh Indonesia termasuk di Lapas Lhoksukon. Pasalnya, para warga binaan mendapatkan Remisi 17 Agustus sehingga warga binaan mendapatkan pengurangan masa pidananya.

“Kemerdekaan tersebut diraih tidak dengan cuma-cuma atau pemberian dari negara lain, namun Bangsa Indonesia meraihnya dengan perjuangan yang sangat panjang dilakukan oleh para pahlawan kusuma bangsa yang rela mengorbankan harta, jiwa, raga bahkan nyawanya menghadapi berbagai negara penjajah dan kesemuanya itu demi NKRI, semangat para pahlawan tersebut kita teladani serta kita gelora terus dimasa sekarang ini,” tuturnya.

Dijelaskan Rusli, pemasangan berbagai urnamen hiasan ini bukan hanya merupakan bentuk seremoni peringatan semata.

“Namun lebih kepada menegaskan dan sebagai wujud penghormatan seluruh Pegawai Lapas Lhoksukon atas perjuangan para Pahlawan Kusuma Bangsa serta sekaligus menunjukkan kekompakan dan kebersamaan seluruh pegawai Lapas Lhoksukon dalam mengisi kemerdekaan ini sebagai Aparatur Sipil Negara, Insan Pengayoman yang harus mampu memberikan Dharma Bhaktinya kepada Negara dan Masyarakat,” ujarnya.(MR/FAHRID)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.