OJK Sumbagut Terima 6019 Permintaan Layanan, Januari Hingga Juli 2023

OJK Sumbagut Terima 6019 Permintaan Layanan, Januari Hingga Juli 2023
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Regional 5 Sumatera bagian utara atau Sumbagut, selama periode Januari hingga Juli tahun 2023, telah menerima sebanyak 6019 permintaan layanan yang berasal dari masyarakat di wilayah Sumbagut.

Dengan rincian terdiri dari 4796 pertanyaan, 594 permohonan informasi dan 656 pengaduan, sehingga jumlah total pengaduan, terdapat 260 pengaduan yang berhubungan sektor perbankan, 179 pengaduan yang terkait dengan bidang asuransi, 119 pengaduan berkaitan dengan perusahaan pembiayaan, 87 pengaduan yang menyangkut fintech peer-to-peer (P2P) lending (yang memiliki izin dan terdaftar di OJK), serta sisa pengaduan dengan melibatkan layanan IKNB dan sektor pasar modal.

Demikian disampaikan Kepala OJK Regional 5 Sumbagut, Bambang Mukti Riyadi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (16/8/2023). “Dalam rangka penanganan pengaduan yang diterima melalui Aplikasi Portal Pelindungan Konsumen (APPK), OJK telah secara berkelanjutan melakukan upaya untuk menyelesaikan setiap pengaduan, baik yang mengandung indikasi sengketa maupun pelanggaran”, bebernya.

Sebagai konteks ini, dari total 656 pengaduan, sebanyak 577 pengaduan (87,96 persen) berhasil diselesaikan melalui proses penanganan yang efektif, sementara 79 pengaduan (12,04 persen) sedang dalam tahap penyelesaian.

Di periode yang sama, yaitu dari Januari hingga Juli 2023, OJK KR 5 telah mengadakan sebanyak 48 kegiatan edukasi keuangan yang berhasil merangkum partisipasi lebih dari 10.100 peserta di Sumatera Utara. Ini termasuk program Roadshow Edukasi Daerah 3T, yang dilaksanakan dengan mengandalkan kendaraan Simolek Edutainment OJK yang bergerak langsung ke kabupaten yang masuk dalam kategori tertinggal, terdepan dan terluar sesuai dengan definisi dari Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2020.

Selain itu, OJK KR 5 juga menerima kunjungan dari berbagai institusi pendidikan dan lembaga yang ingin memperluas pemahaman mengenai peran serta fungsi OJK serta Sektor Jasa Keuangan melalui program OJK Visit. “Semua upaya ini mencerminkan komitmen OJK dalam memberikan layanan kepada masyarakat dan dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terkait literasi keuangan, “sebut Bambang Mukti Riyadi. (MR/156)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.