Sosperda No. 5 Tahun 2015, David Roni G Sinaga Harapkan Kepling Lebih Peduli Kepada Warga dan Bekerja Lebih Baik

Sosperda No. 5 Tahun 2015, David Roni G Sinaga Harapkan Kepling Lebih Peduli Kepada Warga dan Bekerja Lebih Baik
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Pelaksanaan Sosialisasi Perda anggota DPRD Kota Medan, David Roni Ganda Sinaga, SE berharap, Kepling di kelurahan Binjai dapat bekerja lebih baik lagi dan peduli dengan warganya.

Selain itu, David Roni G Sinaga juga berharap kepling memiliki program untuk di jalankan dalam memberikan  pelayanan kepada warganya. Demikian disampaikan David Roni G Sinaga pada  saat sesi tanya jawab di kegiatan Sosoerda tentang Penanggulangan Kemiskinan Perda No. 5 Tahun 2015. David Roni G Sinaga juga sempat memberikan aplaus terhadap Kepling XX saat memaparkan kinerjanya kepada warga.

Dikatakan David Roni G Sinaga, sengaja membawa Produk hukum daerah Perda No. 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan karena masih banyak warga miskin yang belum mendapatkan perhatian dari pemerintah. Perhatian yang dimaksud antara lain pendidikan, kesehatan dan pekerjaan.

” Sehingga kita ingin agar warga masyarakat mengetahui hak dan kewajibannya selalu warga negara yang baik,”ujarnya pada pelaksanaan Sosperda No. 5 Tahun 2015 yang dilaksanakan di Jalan Raya Menteng kelurahan Binjai Kecamatan Medan Denai, Sabtu (1/7) dimulai pukul 13.00 WIB sampai selesai.

Menurut David Roni G Sinaga ada banyak bantuan oleh pemerintah yang kegunaannya untuk membantu usaha usaha warga masyarakat yang modal kecil.

“Syaratnya hanya menunjukkan foto copy Kartu Keluarga (KK) dan foto Copi Kartu Tanda Penduduk (KTP,). “Bentuk lah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), minimal 5 usaha dalam 1 kelompok. Untuk kelompok tani minimal 10 tim usaha yang sama,”katanya.

Padacsesi tanya jawab, salah satu warga, Riko Syaputra Kepala Lingkungan 20 kelurahan Binjai kecamatan Medan Denai minta penjelasan dari dinas sosial mengenai surat keterangan tidak mampu. Karena menurutnya surat tersebut sudah tidak lagi dikeluarkan di kelurahan. Kelurahan hanya mengeluarkan surat keterangan penghasilan.

“Akibatnya banyak warga yang datang kepada saya dan bingung apalagi mereka ingin mendapatkan bantuan uang sekolah atau uang kuliah dari pihak sekolah atau kampus jika memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) sekolah dan KIP Kuliah,”ujarnya.

Selain itu ada lagi warga yang ingin mendapatkan modal usaha dari pemerintah ketika ingin membuka usaha.

Menjawab Aspirasi warga di kelurahan Binjai tersebut, perwakilan dari Dinas Sosial Kota Medan, Dedy Rinaldi Pardede mengatakan program bantuan dari pemerintah untuk warga miskin dan kurang mampu di kota Medan cukup banyak, namun ada persyaratan yang harus di ikuti agar bantuan tersebut dapat diterima. Diantaranya adalah harus ber domisili di Kota Medan yakni dapat menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga dan harus terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Jika data belum terdaftar di DTKS maka, bantuan resmi dari pemerintah dipastikan tidak akan didapat,”sebutnya. Untuk bantuan KIP atau kartu Indonesia Pintar, Dedy mengatakan diusulkan dari sekolah dan diteruskan ke dinas sosial. Mengenai surat keterangan miskin saat ini dikeluarkan oleh dinas Sosial dan surat akan dikeluarkan setelah dilakukan survei ke rumah warga atau tempat warga tersebut. “Setelah dilakukan survey selanjutnya diputuskan apakah surat dapat dikeluarkan atau tidak, tergantung situasi dan kondisi sebenarnya. Jika memang harus dibantu maka kita akan bantu. Hal ini dilakukan untuk menghindari data fiktif,”ujarnya.

Disambung Dedy lagi bahwa bagi warga kurang mampu yang ingin terdaftar di DTKS dapat mengusulkan melalui Kepling dan lurah. Nantinya usulan akan dibawakan dalam musyawarah kelurahan (Muskel). “Pada rapat yang dibawa di muskel akan dibahas apakah warga yang mengusulkan layak ditambahkan menjadi peserta DTKS atau tidak,”sebutnya.

Diakhir sosperda yang dilaksanakan oleh anggota DPRD Kota Medan asal Dapil 4 tersebut, David Roni G Sinaga juga berharap agar pemko Medan benar benar memberikan perhatian serius bagi warga misikin dan kurang mampu di kota Medan.

Acara pun diakhiri dengan berfoto bersama dan membagikan suvenir serta nasi kotak kepada seluruh warga undangan yang hadir.(MR/wan)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.