Aksi Demo Buruh, Gedung DPRD Provinsi Sumsel Dijaga Ketat Aparat Keamanan

Aksi Demo Buruh, Gedung DPRD Provinsi Sumsel Dijaga Ketat Aparat Keamanan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, PALEMBANG – Memperingati hari buruh internasional tahun 2023 (May Day 2023) ribuan buruh di Palembang menggelar aksi demo di dua titik yakni diseputaran Monpera dan gedung DPRD Provinsi Sumsel yang berlokasi di Jalan Kapten A. Rivai Nomor 01 Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang Provinsi Sumsel.

Tampak didepan gedung DPRD Provinsi Sumsel aparat Kepolisian sudah mulai berjaga sebelum massa pendemo yang terdiri dari para buruh datang. Ada 1089 personil gabungan diterjunkan Polda Sumsel untuk mengamankan aksi rasa para buruh tersebut.

Koordinator aksi Cerah buana dari Konfederasi Kasbi dihubungi mengatakan, rencananya aksi unjukrasa damai hari ini akan mulai digelar pada siang hari sampai dengan selesai.

” Aksi unjuk rasa ini akan digelar pada Pukul 12. 00 Wib sampai dengan selesai, massa yang ikut dalam aksi ini lebih kurang 2000 orang, yang terdiri dari para Pekerja, Buruh dan Rakyat” katanya, sabtu (01/05/2023).

Diajuga melanjutkan, ada beberapa poin dalam aksi para buruh hari ini seperti unjukrasa damai, Orasi, mimbar bebas, pawai konvoi (Long March) dan dialog bersama untuk berunding.

” Dalam aksi ini kami akan membawa alat alat seperti Mobil komando, Mobil, Sepeda motor, Sound System (Toa), Selebaran alat peraga, Benderah, Poster serta Spanduk” terangnya.

Sementara itu Kombes Pol Kamarrudin Karo Ops Polda Sumsel menyampaikan, Polda Sumsel telah menurunkan personil Kepolisian dalam aksi yang digelar para buruh hari ini.

” Dari Polda Sumsel menurunkan sebanyak 446 Personil, Polrestabes Palembang sebanyak 382 Personil, Polres OKI sebanyak 62 Personil, Polres Ogan Ilir sebanyak 62 Personil dan dari Polres Banyu Asin 62 Personil,” tuturnya.

Karo Ops Polda Sumsel menambahkan selain dari Polri pengamanan aksi tersebut ada juga dari Personil TNI, Dishub dan dari Dinas Kesehatan. ” Dari TNI sebanyak 30 Personil, dari Dishub 20 Personil dan 5 Personil dari Dinas Kesehatan” pungkasnya. (MR/YOPI007)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.