Tingkatkan SDM Pembinaan WBP, Rutan Kelas IIB Rengat Sinergitas Dengan Disperindag Inhu 

Tingkatkan SDM Pembinaan WBP, Rutan Kelas IIB Rengat Sinergitas Dengan Disperindag Inhu 
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan mewujudkan program pembinaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara  Kelas IIB Rengat Kanwil Kemenkum HAM Riau kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhu.

Sinergitas ini dalam kerjasama terkait pendampingan dan pemberian pelatihan serta pemberdayaan warga binaan menjadi pribadi yang kreatif, inovatif, dan mandiri dalam perekonomian.

Kepala Rutan Kelas IIB Rengat, Julius Barus membenarkan adanya jalinan kerja sama antara Disperindag Inhu dengan Rutan Kelas IIB Rengat.

” Kita  sudah berkunjung dan bertemu jajaran Disperindag Inhu, banyak hal yang kita bahas dalam pertemuan tersebut, khususnya terkait pembinaan kreatifitas terhadap warga binaan,” ujar Julius Barus menjawab wartawan, Senin (13/2/2023).

Dalam pertemuan itu, Disperindag dan Rutan Rengat juga sepakat untuk menjalin sinergitas, dalam hal pemasaran berbagai hasil karya yang telah dihasilkan oleh warga binaan.

“Ada beberapa hasil karya warga binaan yang saat ini siap untuk ditampilkan dan dipasarkan, seperti miniatur rumah adat nusantara, miniatur kendaraan bermotor, lukisan, dan berbagai jenis mainan kunci dengan bahan dasar limbah,” tutur Julius Barus.

Atas sambutan  Disperindag Inhu tersebut, Rutan Kelas IIB Rengat mengucapkan terimakasih kepada Disperindag Inhu yang telah menyambut kunjungan mereka dengan hangat dan penuh makna.

“Kami mengucapkan terimakasih atas sambutan yang luar biasa dari jajaran Disperindag Inhu. Semoga apa yang kita wacanakan tersebut, dapat terwujud sesuai yang kita inginkan. Dan kami dengan senang hati menunggu kunjungan balasan dari Disperindag dan jajaran,” singkat mantan Kalapas Samosir tersebut.

Sementara itu, Kepala Disperindag Inhu Ergusfian, sangat apresiasi atas kunjungan jajaran Rutan Rengat tersebut. “Ini suatu kehormatan bagi kami, dan ini merupakan yang pertama pihak Rutan ke Disperindag Inhu sepanjang sejarah,” ujar Ergusfian.

Melalui silaturahmi ini sambung Ergusfian, tentu menjadi langkah awal bagi kedua belah pihak dalam merancang berbagai rencana kerja sama dimasa yang akan datang.

“Dan melalui kerja sama ini, tentu harapan kita tidak lain adalah, memberi manfaat terhadap warga binaan. Sehingga disaat mereka keluar nanti, memiliki keahlian yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadi sumber mata pencarian bagi mereka,” singkat mantan Kakan KPBD Inhu.

Sebagai mana diketahui, dalam kunjungan tersebut Kepala Rutan Rengat, Julius Barus, SE, MH didampingi Kasubsi Pelayanan Tahanan, Nepri Mutasni, SE dan Kasubsi Pengelolaan Rutan Rengat, Kasmanto, S.Sos

Sementara, kedatangan rombongan Rutan Rengat tersebut disambut langsung Kadis Perindag, Ergusfian, S.Sos, dan Kabid Perindustrian, Suta Rama Admaja, S.Sos serta beberapa staf Bidang Perindustrian.

Dan dalam kunjungan itu, jajaran Rutan Rengat mendapat suguhan panganan hasil kelompok industri kecil menengah ( IKM ) binaan Bidang Perindustrian Disperindag Inhu berupa, keripik bawang, lanting jahe, dan keripik dengan bahan dasar daun singkong. (MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.