Wartawan Asal Korea Selatan Takjub Keindahan Alam dan Pariwisata di Sumatera Utara Namun Keluhkan Buruknya Infrastruktur Jalan

Wartawan Asal Korea Selatan Takjub Keindahan Alam dan Pariwisata di Sumatera Utara Namun Keluhkan Buruknya Infrastruktur Jalan

METRORAKYAT.COM, PARAPAT – Keunsun Lee dan Sugi, jurnalist asal Korea Selatan, mengaku sangat terpesona melihat keindahan alam dan pariwisata yang ada di Kabupaten Langkat, Kabupaten Karo dan Kabupaten Simalungun-Parapat yang terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Menurut jurnalist dari KBS1 TV Nasional di Korea Selatan tersebut kedatangan nya ke Indonesia dalam rangka melakukan peliputan tentang keindahan alam dan pariwisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

“Saya datang ke Indonesia untuk melakukan peliputan tentang keindahan objek – objek wisata yang ada Sumatera Utara dan yang sudah saya kunjungi antara lain Kabupaten Karo, Bukit Lawang – Kabupaten Langkat dan Parapat kabupaten Simalungun,”sebut Sugi menterjemahkan ucapan Keunsun Lee dengan bahasa Indonesia, Selasa (24/1) diatas kapal Ihan Batak saat hendak menyeberang ke Pulau Samosir Kabupaten Samosir.

Meskipun takjub dan memuji keindahan Pariwisata dan panorama alam yang dia kunjungi saat melakukan peliputan, sambung Sugi lagi, mereka mengeluhkan kondisi infrastruktur jalan dimana dilokasi wisata masih kurang dibenahi.

“Kalau di Korea Selatan, semua objek wisata sudah bagus termasuk sarana dan prasarananya. Semua fasilitas pariwisata sudah dipersiapkan matang oleh pemerintah tujuan nya bagiamana para wisatawan merasa senang dan nyaman ketika berkunjung,”kata Keunsun Lee yang diterjemahkan oleh temannya Sugi.

Reporter KBS1 TV Nasional di Korea Selatan inipun berharap Pemerintah dapat memberikan rasa nyaman dan fasilitas yang memadai bagi para wisatawan yang ada datang berkunjung. ” Apalagi jalan nya, kalau bisa diperbaiki sehingga membuat nyaman para wisatawan. Itu juga tentang kondisi pariwisata, semoga dapat lebih diperbaiki lagi. Ada kesan yang enak tentunya ketika kami wisatawan datang  berkunjung ke tempat wisata dan pulang dengan banyak kenangan untuk diceritakan,”tuturnya.

Ketika ditanya tentang keindahan di Danau Toba dan Pulau Samosir, Keunsun Lee mengaku takjub dan terpesona melihat panorama alam di kawasan danau Toba yang dikenal sebagai Kaldera Toba dan sudah ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris (07/07/2020). Meskipun begitu dia berharap agar pelaku pariwisata bekerjasama dengan pemerintah setempat dapat semakin meningkatkan sarana dan prasarana, termasuk menjaga kebersihan dan ke lestarian alam seluruh kawasan danau Toba.

” Kalau udara nya segar, dingin, tapi belum tau semuanya karena hari ini saya bersama kru baru tiba dan mau menuju pulau Samosir, nanti kami akan mengambil liputan di sekeliling pulau Samosir dan kota Parapat. Selesai dari sini selanjutnya kami akan kembali ke kota Medan dan saya melanjutkan perjalanan ke Jakarta,”tutupnya.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.