Natal Kayahai Panggil Pulang Merujuk Dari Perkataan Teofani Agar Membawa Berkat Bagi Sesama

Natal Kayahai Panggil Pulang Merujuk Dari Perkataan Teofani Agar Membawa Berkat Bagi Sesama
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MAYBRAT – Perayaan natal komunitas kayahai panggil pulang sebagai bentuk merajut kembali persaudaraan sesuai perkataan Teovani agar hidup menjadi berkat bagi sesama dan menjadi manusia pembangunan di Negeri new Guinea pada tahun 2023.

Perayan natal tersebut dilangsungkan di halaman kediaman Raja Kambuaya kamping Kambuaya Distrik Ayamaru Timur kabupaten Maybrat Rabu,(28/12/2022).

Natal Kayahai panggil pulang bertema “Maka pulanglah mereka ke Negerinya melalui jalan lain, terdapat dalam Kitab Matius 2 ;12″. dan Sub tema ” Melalui Perayaan natal ini komunitas keluarga kayahai berkarya dengan merujuk dari perkataan Teofani agar hidup membawa berkat bagi sesama di tahun 2023″.

Turut hadir Bapak Raja Kambuaya Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, M.B.A. Kepala Distrik Ayamaru Timur Pimpinan 5 di dominasi Gereja di 9 Jemaat 8 Kampung dan kepunakan dari kampung Kayahai

Prof Dr balthasar Kambuaya,M.Ba mengungkapkan bahwa kita hari ini boleh ada dalam dunia perkembangan seperti banyak penambahan kampung, Distrik namun kita harus kembali melakukan apa yang dilakukan orang tua tempo dulu sehingga mereka bisa disatukan dan diberkati Tuhan menjadi berkat bagi banyak orang

“Kita juga berharap melalui kegiatan ini bisa dapat mempersatukan kita orang Kayahai tempo dulu walaupun mereka ada yang pindah di kampung, Distrik dan juga di kota -kota lain untuk kembali ke kampung karena ada banyak hal bisa didiskusikan dalam momen seperti begini,”sebutnya.

Natal Kayai panggil pulang yang dirayakan saat ini tepat tanggal 28 Desember tentunya merupakan tanggal yang sudah di tetapkan sebagai tanggal orang Kayahai duduk bersama dan mengucap syukur.

Masyarakat A3 atau Maybrat ini harus hidup dan bersandar pada 4 hal yang di janjikan oleh Pendeta Ruben Rumbiak pada peristiwa Teofani yaitu menjaga kesatuan, menjaga kerendahan hati, menjaga kehormatan terhadap orang lain dan kasih, tentunya 4 hal tersebut harus menjadi standar hidup orang Maybrat karena itu Tuhan yang menyatakan itu.

Sementara itu Ketua Panitia Perayaan Natal Kayahai panggil pulang Marthinus Wafom menambahkan di kabupaten Maybrat khususnya di Distrik Ayamaru Timur kampung Kayahai tempo dulu melaksanakan natal saat ini merupakan perintah yang diserukan oleh bapak Raja Kambuaya Prof Dr Balthasar Kambuaya,M.Ba sebagai wujud nyata refleksi iman sepanjang 1 tahun dan kita harus kembali dan melakukannya.

Natal tersebut telah diserahkan selama 4 tahun berturut-turut untuk harus dilakukan, namun tidak dilakukan sampai saat ini baru dilakukan maka dengan jangka waktu kerja 2 Minggu kita bisa laksanakan natal saat ini

“Kami juga menyampaikan terimakasih kepada semua komunitas kayahai tempo dulu baik yang ada di Maybrat dan juga di luar Maybrat yang terus memberikan dukungan sehingga natal ini bisa berjalan sukses,”ujarnya.

Dia juga berharap kepada komunitas Kayahai yang ada diatas tanah Papua dan seluruh Nusantara di manapun berada harus diakui indentitas jati diri kita yaitu anak-anak Kayahai.(MR/DEWA)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.