Pelatihan ‘Code Blue’ Dilaksanakan di Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan untuk Tingkatkan Pelayanan Pasien

Pelatihan ‘Code Blue’ Dilaksanakan di Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan untuk Tingkatkan Pelayanan Pasien
Bagikan

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Penanganan pasien semaksimal mungkin dalam kondisi apapun selalu diupayakan oleh tenaga kesehatan di Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan. Termasuk pada situasi darurat yang ditandai dengan kode sistem aktivasi ‘code blue’.

Menyadari pentingnya ketanggapan dalam menangani pasien code blue, Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan melaksanakan pelatihan code blue pada Jumat (4/11), di Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan dan diikuti karyawan rumah sakit, beserta tim code blue yang telah dibentuk.

Pelatihan code blue ini dihadiri pula oleh Plt. Kepala Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan, dr. Ausvin Geniusman Komaini, M.H.Kes, CPOD, serta Kepala Bagian Penunjang Medis Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan, dr. Syafril Armansyah,MKM.

“Menangani pasien code blue butuh kecepatan, ketanggapan, dan ketelitian. Pasien dalam kondisi code blue membutuhkan penanganan medis sesegera mungkin, contohnya pada kasus henti jantung. Maka agar penanganan dilakukan dengan cepat dan efisien, tim respon cepat pada rumah sakit perlu memahami prosedur penanganan pasien code blue,”tutur dr. Syafril Armansyah, MKM.

Ditambahkan lagi, Tim code blue umumnya terdiri dari 3-5 orang yang telah memahami dan mendapatkan pelatihan bantuan hidup dasar, seperti melakukan tindakan intervensi kompresi dada dan bantuan nafas untuk mengembalikan dan mempertahankan fungsi vital organ.

Tim ini harus bertindak cepat, sebab tingkat harapan hidup pasien code blue semakin rendah seiring berjalannya waktu tanpa intervensi medis. Walau pasien code blue butuh penanganan dengan segera, jangan sampai terjadi gangguan di rumah sakit yang menghambat kegiatan penanganan pasien lain.

Oleh karena itu, penanganan pasien code blue tidak hanya bergantung pada tim, tetapi mereka yang bekerja di rumah sakit. Maka penting untuk melakukan pelatihan seperti apa situasi code blue agar karyawan maupun tenaga kesehatan memahami apa yang perlu dilakukan ketika datang pasien dengan kondisi tersebut tanpa menimbulkan kepanikan dan mencegah adanya gangguan pelayanan di bagian lainnya.

Pelaksanaan pelatihan ini tentunya penting dalam memberikan pemahaman seperti apa situasi code blue kepada kalangan karyawan rumah sakit, tim code blue Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Penanganan Code Blue memerlukan suatu rangkaian prosedur dan protokol dari tim yang mempunyai pelatihan khusus terhadap situasi tersebut, sebuah tim respon cepat dengan tanggap darurat terhadap upaya penyelamatan nyawa pasien pada tahap yang sangat kritis. Dan dalam simulasi ini kami ingin menyampaikan pentingnya tim code blue dalam memberikan respon tepat terhadap keadaan kritis yang berkaitan dengan keselamatan pasien,” ujar Plt. Kepala Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan, dr. Ausvin Geniusman Komaini, M.H.Kes, CPOD, menanggapi kegiatan pelatihan code blue ini.

Dijelaskan lagi, RS.Prima Husada Cipta Medan memiliki tim code blue yang mana terdiri dari dokter dan perawat yang sudah terlatih dalam penanganan kondisi cardiac respiratory.

“Dalam Resusitasi jantung paru tim kami akan melakukan serangkaian tindakan untuk meningkatkan daya tahan hidup setelah terjadinya henti jantung,” pungkas Kepala Bagian Penunjang Medis Rumah Sakit Prima Husada Cipta Medan, dr. Syafril Armansyah,MKM.(MR/Red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.