Jalan Putus di Duga Akibat Luapan Air Hujan, PUPR Kabupaten Pasaman Barat: Kita akan Carikan Solusinya

Jalan Putus di Duga Akibat Luapan Air Hujan, PUPR Kabupaten Pasaman Barat: Kita akan Carikan Solusinya

METRORAKYAT.COM, PASAMAN BARAT –  Jalan akses desa Sikabau putus akibat luapan air hujan yang membuat aliran air di kanal meluap. Hal itu di jelaskan oleh masyarakat yang melintas , peristiwa itu terjadi pada malam hari, Kamis, (24/11/2022).

Di jalan lintas menuju desa sikabau kecamatan koto balingka dalam proses pengerjaan peningkatan jalan yang dengan cara tender anggaran dana APBD tahun 2021 realisasi tahun 2022 .

Pemenang tender PT .AMS yang beralamat di Kabupaten Pasaman Padang Sawah , perusahaan ini memenangkan tender Proyek pengembangan jalan Desa sikabau kecamatan Koto balingka kenagarian lembah melintang dengan nilai Proyek Belasan miliar rupiah .

Pihak perusahaan saat di konfirmasi melalui via whatshap terkait putua nya akses jalan di desa sikabau itu pihak nya menerangkan bahwa periatiwa itu di luar dugaan dan akibat dari faktor cuaca yang akhir-akhir ini sering terjadi hujan.

“Benar kita sudah mengetahui peristiwa itu dari anggota yang bertugas di lapangan , dan peristiwa itu di luar dugaan kita ,dan salah satu nya akibat debit air dan faktor alam yang sering hujan deras serta mengakibatkan kenaikan debit air yang signifikan, ” ucap Dino Pelaksana dari PT.AMS.

“Selain itu Dino menambahkan bahwa pihak nya akan konfirmasi dan konsultasi kepada pihak PUPR Kabupaten Pasaman Barat secepatnya akan mendapatkan solusi untuk baiknya seperti apa,”pungkasnya.

Jhon Edwar.ST selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pasaman Barat Melalui Bambang Selaku Kepala Bidang Bina Marga PUPR Kabupaten Pasaman Barat .

Mengatakan pihak nya akan mencari solusi untuk menanggulangi peristiwa putus nya jalan itu dan pihak nya untuk sementara menduga jalan putus itu di akibatkan dari debit air dari kanal yang menuju Muara.

“Pihak PUPR Kabupaten Pasaman Barat akan segera melakukan peninjauan ulang dan akan segera mencari solusi untuk mengambil keputusan bagai mana sebaiknya dan tak luput dari putusan pimpinan yaitu pak Kadis PUPR,” ucap Bambang Kabid Bina Marga PUPR Kabupaten Pasaman Barat.

Pihak Azhar Kasatlaksa BPBD melalui Kepala Bidang TRC membenarkan bahwa telah terjadi peristiwa putusnya akses jalan menuju desa sikabau , dan untuk dugaan sementara akibat dari luapan aliran air dari kanal-kanal yang meningkat akibat curah hujan yang cukup tinggi yang kita ketahui hingga saat ini .

” Pihak BPBD Kabupaten Pasaman Barat telah mengetahui peristiwa itu dari laporan masyarakat , dan untuk sementara dugaan jalan itu amblas akibat kikisan aliran air yang debitnya semangkin meningkat akibat curah hujan yang tinggi,”sebut wilson Kabid TRC BPBD Kabupaten Pasaman Barat.

Masyarakat Sikabau menginginkan Pemerintah daerah melalui OPD yang terkait agar mencari solusi secepatnya, sebab akses jalan yang putus itu satu-satunya yang tercepat dan yang aman menuju desa mereka, dan peristiwa ini tidak segera di tanggapi maka bisa mengganggu finansial serta harga barang sembako bisa melonjak akibat menempuh jalan lebih jauh dan memutar,”sebut salah satu masyarakat Sikabau itu.(MR/red)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.