Pemkab Samosir Kerjasama dengan Unika St Thomas Medan

Pemkab Samosir Kerjasama dengan Unika St Thomas Medan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir perpanjang kerjasama dengan Universitas Santo Thomas (Unika St Thomas) Medan. Kerjasama yang tertuang dalam Kesepakatan bersama ditandatangani Bupati Samosir diwakili Sekdakab Hotraja Sitanggang dengan Rektor Universitas Santo Thomas, Maidin Gultom di Creatif hub-Pantai Indah Situngkir, Jumat (23/9/2022), Samosir.

Dihadiri Plt. Asisten 1, Plt. Kadis Ketapang dan Pertanian, Camat Pangururan, Wakil Rektor IV Universitas Santo Thomas, Godlife Sianipar, Wakil Rektor I, Jakarias Situmorang, Wakil Rektor III, Johannes Suhardin serta Alumni Santo Thomas.

Dikesempatan itu, Rektor Unika St Thomas Medan, Maidin Gultom menyerahkan 50 mahasiswanya yang diterima langsung Pj. Sekdakab Samosir, Hotraja Sitanggang untuk melaksanakan KKN Tematik di Samosir selama 3 bulan kedepan.

Bupati diwakili Pj. Sekda Hotraja Sitanggang menyambut baik perpanjangan kerjasama Pemkab Samosir dengan Unika St Thomas. Menerima dan mengapresiasi KKN Tematik Universitas Santo Thomas di Samosir.

Hotraja Sitanggang, menyampaikan disamping sektor pertanian, Samosir juga menggerakkan sektor pariwisata. Pariwisata di yang didukung kondisi geografis dan panorama indah. Dengan pariwisata diakui, infrastruktur di Samosir berkembang pesat. Jalan lingkar bertaraf nasional, dermaga internasional dan pembangunan Jembatan Tano Ponggol yang menjadi ikon pariwisata Samosir.

Dalam pengembangan pariwisata, tantangan yang dihadapi Pemkab Samosir yaitu merubah mind set/ pola pikir masyarakat menjadi pelayan bagi wisatawan internasional. Untuk itu, Hotraja Sitanggang menekankan Mahasiswa KKN Tematik Unika St Thomas Medan dapat membantu Pemkab Samosir menciptakan masyarakat yang mampu menerima dan melayani wisatawan.

“Jadikan ini menjadi Pertemuan yang berkualitas dengan masyarakat, mampu merubah pola pikir dan SDM masyarakat. KKN yang berkualitas, harus mampu meninggalkan kenangan bagi masyarakat Samosir” ungkap Hotraja menyemangati mahasiswa.

“Maka bangunlah kenangan biar masyarakat Samosir selalu teringat dengan Unika St Thomas. Menjadi panutan dan teladan, memilihara sikap dan tindakan serta menerapkan dalihan natolu dalam menjalankan KKN sehari-harinya.
Manfaatkan setiap kesempatan untuk berpikir untuk kesuksesan” sebutnya.

kesepakatan bersama Pemkab dengan Unika St Thomas melingkupi bidang pertanian, keguruan dan pendidikan, bahasa dan sastra Inggris, pariwisata, ekonomi, tehnik sipil dan arsitektur serta bidang hukum.

Dengan ditanda tanganinya kesepakatan bersama tersebut, maka akan terjalin kerjasama dalam pengembangan SDM di Kabupaten Samosir.

Rektor Unika St Thomas Medan, Maidin Gultom mengatakan, penyerahan mahasiswa KKN Tematik di Samosir merupakan bukti pengabdian dan dukungan dalam pembangunan.

“Selaku rektor Unika St Thomas, saya menyerahkan mahasiswa kepada Pemkab, terimalah, bimbing mereka untuk mengabdikan pengetahuan kepada masyarakat Samosir. Mudah-mudahan mereka berhasil dengan baik” kata Maidin

Kepada Mahasiswa/i nya, Maidin berpesan agar tetap menjaga tindakan moral, sebaliknya tidak melakukan tindakan amoral . Memelihara kebersamaan dibarengi dengan iman. Kiranya dapat memberikan hasil yang baik dan bermafaat bagi masyarakat Samosir, harapnya.

Mahasiswa KKN Tematik Unika St Thomas akan disebar di desa Lumban Suhi Toruan, Situngkir, Siogung-ogung dan Lumban Pongkih Ronggur Nihuta. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.