oleh

Puncak Peringatan Harkopnas ke-75 Di Kendal,Ini Kata Menko Perekonomian dan Menteri Perindustrian

METRORAKYAT.COM, KENDAL– Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, beserta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Ketua Umum Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) Nursin Halid, menghadiri Puncak Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-75 dipusatkan di Kabupaten Kendal. Acara digelar di Stadion Utama Kebondalem Kendal, Sabtu (23/7/2022).

Turun hadir pula Anggota DPR RI Dito Ganinduto dan Mujib Rohmat, Kepala Daerah dari berbagai daerah di Indonesia.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada segenap pengurus Dekopin. Dirinya mengatakan koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat agar terus dikembangkan.

“Koperasi di tahun 2019 yang lalu berkontribusi terhadap 5,1 persen PDB Indonesia dan terus akan ditingkatkan agar mencapai 5,5 persen di tahun 2024. Indonesia memiliki sekitar 236 ribu koperasi, volume usaha sebesar 163,45 triliun, dengan anggota 26,96 juta orang,” katanya.

Airlangga Hartarto menuturkan saat ini di Indonesia masyarakat yang tercatat bergabung di koperasi hanya sejumlah 8,41%. Dan sebagian generasi muda dinilai cukup banyak yang berminat untuk berkoperasi.

“Dan saat ini yang sedang berkembang adalah digitalisasi. Sebetulnya digitalisasi adalah bentuk lain daripada koperasi dan dengan digitalisasi pertumbuhannya luar biasa di tahun 2020 marketnya mencapai 40 miliar dollar di 2021 adalah 71 miliar dollar,” papar Airlangga.

Dirinya memaparkan beberapa kebijakan yang telah dilakukan pemerintah tentunya diharapkan bisa mendorong transformasi koperasi dengan modernisasi yang diikuti dengan penguatan pembiayaan penjaminan dan pengembangan.

“Saya mengucapkan berterima kasih kepada 23 tokoh penggerak koperasi yang telah mendapatkan penghargaan. Semoga rangkaian acara Hari Koperasi ke-75 ini menjadi tonggak untuk transformasi. Artinya perubahan Koperasi untuk ekonomi berkelanjutan,” tandasnya.

Ketua Umum Dekopin Nursin Halid, mengapresiasi Perayaan Puncak Harkopnas ke-75 yang berlangsung dengan meriah di Kabupaten Kendal. Menurutnya antusias penggiat koperasi yang datang dari berbagai pelosok dari daerah ke Kendal sangat luar biasa besar.

“Yang paling penting kehadiran Menko memberikan spirit bagi seluruh penggerak koperasi. Dan kita mengusulkan dua hal disini yang paling strategis kita mengusulkan tanggal 5 Juli sebagai Hari Ekonomi Pancasila dan yang kedua kita mengusulkan lima tuntutan,” bebernya.

“Dengan ekonomi pancasila bukan kapitalis maka insyaallah rakyat indonesia akan sejahtera,” ujar Nurdin.

Sementara itu Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat sambutan menyampaikan Koperasi merupakan pilar ekonomi kerakyatan yang menggerakkan ekonomi secara nyata bagi UMKM, petani, nelayan, peternak maupun pedagang kecil lainnya.

“Perlu saya sampaikan juga kepada para Menko bahwa di Kabupaten Kendal sendiri terdapat sekitar 596 koperasi dengan jumlah anggota sebanyak 83 ribu dan mereka semua bergotong-royong dalam lima jenis bidang usaha. Dengan kondisi lebih dari setengahnya masuk kepada kategori penilaian KSP atau USP yang cukup sehat,” papar Bupati Kendal.

Dico mengungkapkan Pemerintah Kabupaten Kendal terus mendorong pemulihan ekonomi daerah bersama dengan koperasi-koperasi yang ada di Kendal, pemerintah terus menghadirkan inovasi mendorong kerjasama antara koperasi dan badan usaha.

“Melakukan digitalisasi koperasi, mendorong penguatan kelembagaan koperasi serta membangun kooperatif Innovation verb bagi para anggota koperasi sebagai wadah saling bertukar pengetahuan untuk mendorong perkembangan koperasi di Kabupaten Kendal,” ungkap Dico.

Ditambahkan, koperasi di Kendal akan segera menerima hibah dari Pemerintah Kabupaten Kendal sebagai bentuk kepercayaan Pemerintah Kabupaten Kendal bahwa Koperasi adalah salah satu kunci untuk pertumbuhan ekonomi yang ada di Kendal.

“Kabupaten Kendal belum pernah memberikan bantuan hibah apapun kepada koperasi dan pada tahun ini Kabupaten Kendal akan memberikan bantuan hibah kepada Koperasi di Kabupaten Kendal,” paparnya.

Selanjutnya 23 tokoh penggiat koperasi dari seluruh Indonesia termasuk Bupati Kendal menerima Anugrah Peggerak Koperasi Utama, Madya dan Pratama dari Dekopin yang diserahkan langsung oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (MR//Siva Zou)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: