oleh

Pemkab Samosir Terima Penghargaan dari Kemenkes RI

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir menerima piagam penghargaan atas capaian target pelaksanaan bulan Imunisasi Anak Nasional Tahap I. Penghargaan yang diserahkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI melalui Plt. Direktur Direktorat Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI, (22/7) di Yogyakarta.

Pelayanan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Samosir dengan target sasaran 37.993 Orang. Dengan target tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Samosir berhasil melakukan Imunisasi kepada 36.591 Orang (cakupan 96,31 %).

Bulan Imunisasi Anak Nasional dilaksanakan mulai tanggal 18 Mei hingga 29 Juli 2022 di Posyandu dan Sekolah Dasar se-Kabupaten Samosir. Imunisasi, meliputi tambahan Campak-Rubella pada anak usia 9 bulan sampai 59 bulan, serta imunisasi kejar menyasar anak usia 12 Bulan hingga 59 bulan yang belum lengkap mendapatkan imunisasi Oral Polio Vaccine (OPV), Inject Vaccine Polio (IPV) dan DPT-HB-HIB serta Campak-Rubella.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr. Dina Hutapea mengatakan, capaian ini merupakan upaya Dinas Kesehatan dengan mengerahkan petugas Kesehatan Puskesmas, terkhusus Bidan desa. Dengan memberikan pelayanan terbaik, imunisasi bagi anak bangsa khususnya anak-anak di Samosir terlaksana dengan baik dan mencapai target.

“Imunisasi sangat penting, bertujuan untuk menurunkan angka kesakitan, kecacatan, bahkan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I) seperti penyakit Polio, Difteri, Tetanus, Pertussis (Batuk Rejan), Campak dan Rubella,” ungkapnya. (MR/156).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini: