Talang Irigasi Sekunder Blang Binje Kecamatan Idi Tunong Jebol, Tanaman Padi Terancam Kekeringan

Talang Irigasi Sekunder Blang Binje Kecamatan Idi Tunong Jebol, Tanaman Padi Terancam Kekeringan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, ACEH TIMUR – Talang saluran induk irigasi Sekunder Blang binje, perbatasan dengan desa Seunubok Buloh, kecamatan Idi Tunong kabupaten Aceh Timur jebol disebabkan usia konstruksi bangunan saluran sudah tua, dan pada tahun 2020 Seunubok Buloh dan Blang binje sering terjadi kebanjiran, maka talang air jebol di karena kan semakin derasnya arus air.

Menurut masyarakat Blang minjei
Talang air Irigasi jebol Tanaman Padi Terancam Kekeringan,

Talang saluran induk irigasi Sekunder Blang binje yang jebol, menurut Keuchik Ilyas Talang saluran induk irigasi tersebut sudah di anggarkan juga sudah di ukur dan sampai saat ini saluran talang air tersebut belum di buat dan sudah habis masa kontrak dan belum juga pelaksanaan.

Pintu talang air di ujung dan jembatan jalan inspeksi terletak bersebelahan dengan desa Seunubok Buloh, Saluran talang air putus total tidak dapat dialiri air untuk pertanian.
Jadi tambah Keuchik Ilyas Blang minjei
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPKP) Banda Aceh harus mengungkapkan secara informal dan segera diikuti secara resmi telah melaporkan talang saluran induk irigasi talang air yang jebol ke dinas PU Banda Aceh.

“Perlu penanganan darurat agar air tetap bisa mengalir untuk menyelamatkan tanaman padi. Talang air saluran irigasi yang jebol berdampak, luasan sawah masyarakat terancam tidak mendapat pasokan air pertanian,” ujar Keuchik Ilyas ke media ini.

Keuchik Ilyas juga sudah koordinasi dengan komisi irigasi yaitu ding.keuchik Ilyas juga meminta kepada pihak PU pengairan provinsi atau pemerintah untuk segera membantu membuat saluran talang air tersebut, dan pihak terkait jangan tutup mata.(MR/If)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.