Sembako Jenis Cabe di Pasar Inhu Alami Kenaikan

Sembako Jenis Cabe di Pasar Inhu Alami Kenaikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Dari sembilan bahan pokok (Sembako) untuk kebutuhan pokok masyarakat Kabupaten Inhu hanya cabe di sejumlah pasar mengalami kenaikan.

Pelaksanaan tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Evi Irma Junita Manurung ketika di konfirmasi Rabu (15/6/2022) siang membenarkan bahwa  hasil pantauan di pasar harga barang kebutuan pokok masyarakat seperti jenis cabe mengalami kenaikan.

Kita terus proaktif melakukan pemantauan kondisi harga sembako di pasar untuk kebutuhan masyarakat, seperti kondisi harga jenis cabe merah keriting  pada minggu ke dua bulan Juni 2022 tersebut mencapai 110 ribu perkilogram atau naik 10 persen. Sedangkan harga  cabe merah biasa rata rata 90-100 ribu perkilogram, dan harga cabe rawit hijau juga rata rata 65 hingga 75 ribu perkilogram.

Sementara harga bahan kebutuhan pokok lainnya seperti  beras masih stabil artinya tidak ada mengalami kenaikan karena harganya rata rata 10- 15 ribu perkilogram, begitu juga harga gula pasir 15 ribu perkilogram katanya.

Selain itu juga,  minyak goreng tidak ada mengalami kenaikan, harga minyak goreng kemasan curah plastik rata rata hanya 14.400 perliter, minyak goreng kemasan bimoli perliter 25 ribu, minyak fortune rata rata 24- 25 ribu perliter dan minyak goreng sederhana perliter 23 ribu.

Kemudian, harga daging sapi rata rata mencapai 140 ribu perkilogram, namun harga  daging ayam mengalami penurunan 2,86 persen dari harga 35 ribu, saat ini menjadi 34 ribu perkilogram.

Oleh karena itu, kenaikan harga cabe bukan hanya di pasar Kabupaten Inhu terjadi tapi  secara umum karena di daerah lain juga mengalami kenaikan, sebab terjadinya kenaikan harga cabe tersebut pengaruh  cuaca buruk yang mengakibatkan gagal panen sehingga produksi menurun,”ucapnya. ( MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.