oleh

Sekdakab Samosir Pimpin Rapat Evaluasi SPBE

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir komit membangun Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hak ini disampaikan Pj. Sekdakab Hotraja Sitanggang pada rapat evaluasi SPBE di Ruang Rapat Bappeda, Rabu (22/6/2022), Samosir.

SPBE untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas terpercaya.

Pada 2021 lalu (24 Desember 2021) melalui Keputusan Menpan RB Nomor 1503 Tahun 2021, SPBE Pemkab meraih prestasi, menempati peringkat pertama Se-Sumatera Utara (Sumut) dalam penilaian Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan nilai indeks 3,16.

Pj. Sekdakab telah menekankan agar torehan prestasi dapat dipertahankan pada tahun 2022 ini. “Dengan Kerjasama yang baik akan meningkatkan indeks SPBE”, ucapnya.

Menurutnya, SPBE ini sangat penting untuk mendukung pelayanan daerah yang bertaraf internasional. Dengan penerapan SPBE akan dapat memangkas biaya dan waktu, mewujudkan proses kerja yang efesien, transparan dan akuntabel serta meningkatkan kwalitas pelayanan publik.

Ditambahkan dia lagi, Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), SPBE sangat dibutuhkan dalam berbagai pelayanan, misalnya pelayanan pada Rumah Sakit Umum Daerah, Catatan Sipil, Parkir, Pembelian tiket dan pelayanan lain untuk masyarakat.

Untuk itu, perlunya perubahan sikap maupun perilaku berpikir positif untuk menggapai cita-cita Samosir menuju pelayanan bertaraf internasional dengan pelayanan berbasis elektronik.

indikator sasaran harus jelas, sebagai acuan melakukan kegiatan oleh setiap OPD yang terlibat untuk mencapai semua target, dan penerapan pembayaran yang non tunai di Samosir, cetusnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika, Ricky Rumapea menambahkan, tim SPBE Samosir telah ditetapkan Bupati melalui keputusan Bupati Samosir Nomor 227 Tahun 2022 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemkab Samosir.
Dengan keputusan ini, maka setiap OPD yang ditetapkan, diwajibkan melaksanakan sistim pemerintahan berbasis elektronik .

Ditambahkan, SPBE Samosir akan mengikuti Tauval ( Pemantauan dan Evaluasi) SPBE oleh Kemenpan RB Tahun 2022, sehingga diperlukan keseriusan dan kerja keras tim SPBE yang telah ditetapkan. (MR/156).

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News