oleh

Bupati Sergai Berhasil Normalisasi Sungai Belutu dan Tanjung Beringin, Ketua TP PKK Sumut Tanam Pohon Manggis

METRORAKYAT.COM, SERGAI – Sungai Belutu dan Tanjung Beringin sepanjang lebih kurang 5 kilometer berhasil dinormalisasi oleh Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama 20 perusahaan yang ada di Sergai.

Normalisasi Sungai Belutu dilakukan dengan bergotongroyong bersama 20 perusahaan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Kegiatan normalisasi ini masih berlangsung dengan mempergunakan dana bersumber dari CSR (Corporate Social Responsibility).

Pendangkalan (sindimentasi) Sungai Belutu ini bisa saja disebabkan banyak faktor, diantaranya sampah yang dibuang ke sungai dan bisa juga disebabkan abrasi tanah.

Nah, pendangkalan Sungai Belutu ini berdampak terhadap masayarakat yang kerap mengalami kebanjiran tiap tahun. Untuk itu lingkungan harus kita perhatikan dan lestarikan.

Dengan telah dinormalisasi sungai maka diharapkan banjir tidak lagi dialami oleh masayarakat ke depannya. Dihimbau kepada semua masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah ke sungai.

Hal itu diutarakan Bupati Sergai H. Darma Wijaya disela – sela berlangsungnya kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun 2022 tingkat Propinsi Sumatera Utara (Sumut) bertempat di Dusun I Kampung Manggis, Desa Mangga Dua, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Sergai, Rabu (22/6/2022).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis Edy Rahmayadi mengatakan, perlakuan manusia yang kenyataannya masih kejam kepada bumi sebagai tempat tinggal.

Buktinya, masih ada pengrusakan hutan, sampah bertebaran dimana – mana, laut tercemar sehingga banyak ikan yang punah dan perlakuan lain yang merusak.

“Padahal, kita sangat bergantung kepada lingkungan,” tegas Nawal Lubis.

Maka itu, pada kesempatan ini ia mengajak seluruh TP PKK di desa – desa menjadi ujung tombak pelestarian lingkungan di sekitar.

Nada yang sama juga disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Sumut dr. Tengku Amri Fadli, M.Kes yang juga Ketua Panitia menyampaikan, terimakasihnya kepada Pemkab Sergai yang memfasilitasi lokasi dilaksanakannya peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia tingkat propinsi tahun 2022 ini.

Menyambut HLH sedunia tahun 2022 ini bertema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”. Pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan di beberapa daerah di Sumut seperti, pemberian bantuan tong sampah, aksi penanaman 1000 pohon, aksi reboisasi hutan Mangrove, aksi cuci sungai dengan exoenzyme, penanaman pohon Manggis serta pelaksanaan seminar nasional.

Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua I TP PKK Provinsi Sumut Hj. Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah, Ketua TP PKK Sergai Hj. Rosmaida Saragih, mewakili Kapolres, mewakili Dandim 0204/DS, BNN, Kadis LH Sergai, Binjai dan Tebing Tinggi, tokoh masyarakat Drs. Haris Fadillah, M.Si serta tim normalisasi Sungai Belutu. (MR/AS)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News