Akibat Pandemi, Anggaran DAK APBN 2022  Untuk Disdikbud Inhu Alami Penurunan

Akibat Pandemi, Anggaran DAK APBN 2022  Untuk Disdikbud Inhu Alami Penurunan
Bagikan

METRORAKYAT.COM, INDRAGIRI HULU – Memacu kemajuan pembangunan dibidang  dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu Provinsiriau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Inhu melakukan upaya kerja keras melobi ke Pemerintah Pusat guna mendapat anggaran.

Namun  akibat Pandemi  tahun 2022 ini anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ) dari pusat untuk Inhu mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2021 lalu ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud ) Pemkab Inhu,  Kamaruzaman melalui Kabid Sarana Prasarana PAUD, TK, SD dan SMP, H. Armen kepada Metrorakyat.Com, Rabu (8/6/2022)

Dikatakan, Tahun 2021 anggaran DAK dari APBN kita masih mendapat sebesar 27 Millyar lebih tapi akibat tersedot ke pandemi tahun ini Kabupaten Inhu hanya mendapat anggaran  sebesar 17,1 milliyar. “Tahun depan kita akan berusaha keras agar DAK  dari pusat bertambah untuk kemajuan  pembangunan fisik sektor pendidikan di Inhu,”katanya.

Disamping itu, katanya bahwa proses perencanaan pembangunan DAK yang bersumber dari APBN maupun dari APBD Inhu sudah selesai, saat ini sedang dalam proses  pelelangan di LPSE baik itu DAK maupun APBD.

Dimana Dana Alokasi Khusus ( DAK ) yang bersumber dari APBN tersebut untuk pembangunan rehap sedang hingga berat  serta kegiatan sarana prasarana prabot sekolah yang tersebar di 14 Kecamatan se Kabupaten Inhu Riau, dan juga  sebahagian lagi kegiatan untuk pembangunan baru seperti membangun labor, TIK, Pustaka, WC di Sekolah SD dan SMP.

Sementara anggaran yang bersumber dari APBD tahun 2022 ini sebesar 11,6 millyar kegiatan pembangunan utilitas sarana prasarnan sekolah yang tersebar di 14 Kecamatan Inhu juga katanya.

Kepala bagian ( Kabag )  Pengadaan Barang dan Jasa, Rainedy ketika dikonfirmasi menyatakan sampai saat ini  dari sebanyak   44 paket terdata di LPSE baru 5  paket yang masuk usulan.

“Dimana dari 5 paket itu, 1 paket yang bersumber dari APBD  sudah selesai,sedangkan  1 paket lagi DAK proyek jalan sedang dalam proses, sementara 3 paket sudah tayang proses lelang di LPSE,” ucapnya ( MR/Ob )

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.