oleh

Panitia Pospam Tanjung Sunur Membuat Tata Tertib Untuk Para Pelaku Tambang

METRORAKYAT.COM, BANGKA – Panitia Pengurus Pos Pengamanan (pospam) para Taibong yang mengatur Ponton Isap Produksi (PIP) yang beraktivitas menambang di tanjung Sunur,Klapo, pulau Dante dan Tanjung Batu terus beraktivitas, Sabtu (14/05/2022).

Sedangkan sidak penertiban yang dilakukan oleh Tim Gabungan Polsek Riau Silip dan Polres Bangka pada Jumat (13/5/2022) pagi hingga siang itu, tidak menjadi halangan bagi para Taibong Timah untuk mengatur kroninya melakukan aktifitas penambangan di Perairan Tanjung Sunur.

Hal ini juga bukan menjadi halangan bagi mereka. Selama APH tidak berani menangkap, itu sudah cukup bagi mereka untuk mengeruk rupiah dari Tanjung Sunur.

Buktinya, saat Tim Gabungan Polsek Riau Silip dan Polres Bangka selesai sidak pada Jumat (13/5/2022) siang, dua jam kemudian mereka sudah melakukan aktifitas penambangan di Tanjung Sunur.

Tidak takut, dan seolah – olah kebal hukum, mungkin inilah yang sekarang disematkan kepada para taibong timah, panitia pospam dan para penampung bijih timah.

Menurut sejumlah warga kepada media ini, untuk menyelesaikan persoalan di Tanjung Sunur tersebut tidaklah sulit, asal ada keberanian dan ketegasan dari aparat hukum.

“Laporan sudah beberapa kali di sampaikan oleh perwakilan warga maupun nelayan. Laporan ini kan bisa jadi dasar bagi aparat kepolisian untuk menangkap para perusak lingkungan tersebut.

Jelas-jelas mereka ini illegal, tapi kok diam? Pokok e gelaplah pak, selama mereka saling tutup mata,” ujar Me, salah satu warga yang dikonfirmasi media ini.

Hal serupa juga disampaikan Pengurus Forum Nelayan Pecinta Teluk Kelabat Dalam, Yono.

Pihaknya, kata Yono, sangat miris melihat sikap aparat yang tidak berani menangkap para panitia pospam. Pasalnya, kata Yono, jika aparat bertindak sesuai kewenangan mereka, tentu keluhan nelayan dan masyarakat selama ini sudah bisa diselesaikan.

“Kalo kami kan nelayan, jika kami bertindak, nanti katanya main hakim sendiri. Semenara hakimnya takut dengan bos tambang dan panitia pospam. Jadi mau bagaimana..?,” tukas Yono.

Disisi lain, beber Yono, mereka sangat kasihan kepada anggota Polsek Riau Silip yang takut kepada para penambang dan pengurus tambang.

“Harusnya komandannya di Polres atau Polda yang berani. Kalo anak buah, biasanya nurut komandan. Kalo anak buah takut, berarti ada apanya ini,” timpal Ger, kepada media ini.

Bukti keberanian Panitia Pospam Tanjung Sunur terhadap aparat kepolisian, yakni dengan membuat tata tertib penambang, yang telah mereka kirimkan melalui pesan WA kepada para penambang.

Berikut ini Tata Tertib Penambang yang dibuat oleh Panitia Pospam alias koordinator para penambang.

* TATA TERTIB PENAMBANG*

1. AKTIVITAS PENAMBANGAN DI MULAI JAM.07.00 WIB S/D 17.00 WIB
DISESUAIKAN DENGAN KONDISI AIR.

2. PONTON YANG BERAKTIVITAS WAJIB TERDAFTAR DAN MEMILIKI BENDERA.

3. PANITIA WAJIB MEMERIKSA SETIAP PONTON DAN PERAHU PENAMBANG.

4. SEBELUM MELAKUKAN AKTIVITAS PENAMBANGAN DI WAJIBKAN ABSENSI
KE POS PAM PENIMBANGAN DAN BERLAKU SEBALIKNYA APABILA SETELAH SELESAI MELAKUKAN AKTIVITAS PENAMBANGAN.

5. HASIL TIMAH DARI PENIMBANGAN DIWAJIBKAN SEPENUHNYA DI TIMBANG
DI POS PAM PENIMBANGAN BARU DILAKUKAN POTONGAN 15%.

6. APABILA PENAMBANG MELAKUKAN PELANGGARAN BERUPA PENGELAPAN
HASIL TIMAH, MAKA PANITIA BERHAK MENYITA/MENGAMANKAN HASIL
TIMAH TERSEBUT.

7. APABILA MENGULANGGI PERBUATAN TERSEBUT DI ATAS, MAKA PONTON
DAN PENAMBANG DI KELUARKAN DARI DAERAH PENAMBANGAN TANJUNG
SUNUR.

8. SETIAP PERAHU PENAMBANG KELUAR MASUK DI WILAYAH PENAMBANGAN
WAB MELAKUKAN PELAPORAN KE PANITIA POS PAM PERAHU TIDAK DI
PERBOLEHKAN/DILARANG PARKIR DI WILAYAH PENAMBANGAN AREA
PENAMBANGAN)

9. SEMUA PENAMBANG DI WAJIBKAN MENJAGA KONDUSIFITAS SELAMA
BEKERJA.
DEMIKIANLAH TATA TERTIB INI KAMI BUAT UNTUK DIPATUHI ATAS PERHATIAN DAN KERJA SAMANYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH.

“Mau bukti apalagi bagi saudara-saudara kami pihak kepolisian, yang digaji oleh negara untuk memberantas kezhaliman di muka bumi Indonesia ini. Tata tertib yang sudah tersebar ini, harusnya sudah bisa jadi bukti bahwa Panitia Pospam telah berani kepada pihak polisi. Tapi dak tahu ngapelah kalo memang dasarnya tidak berani,” ujar Ger, yang diaminkan oleh Me.(MR/HM)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News