oleh

Advokat Kota Langsa Mengapresiasi Polres Langsa Bebaskan Syahrul Fauzi Dari Kasus Pidana

METRORAKYAT.COM, LANGSA – Advokat Muhammad Iqbal, S.H., M.H.(foto)  dari Law Office Muhammad Iqbal & Associates Kota Langsa, mengapresiasi Polres Langsa yang telah membebaskan Syahrul Fauzi (17) dari kasus pidana.

Berdasarkan Press Release resmi dari Polres Langsa pada Minggu (15/5/2022) di hadapan awak media, disampaikan bahwasannya pada hari Sabtu (14/4) Syahrul Fauzi terlibat perkelahian dengan M. Jufri (18) dikarenakan M. Jufri masuk ke dalam perkarangan rumah Syahrul Fauzi untuk mencuri bebek miliknya. Syahrul Fauzi diduga telah melakukan tindak pidana penganiayaan berat yang mengakibatkan hilangnya nyawa Terduga pencuri M. Jufri (18) sebagaimana diatur dalam Pasal 351 ayat (3) KUHP, namun dikarenakan Syahrul Fauzi melakukan hal tersebut bermaksud sebagai pembelaan terpaksa untuk diri sendiri dikarenakan Syahrul Fauzi diserang oleh M. Jufri terlebih dahulu, maka berdasarkan ketentuan Pasal 49 ayat (1) KUHP selanjutnya Polres Langsa menghentikan proses penyelidikan/penyidikan perkara tersebut dikarenakan perbuatan Syahrul Fauzi tidak dapat dipidana.

“Saya mendapat informasi berdasarkan Press Release resmi dari Polres Langsa tersebut, hilangnya nyawa terduga pencuri bernama M. Jufri bukanlah disengaja, namun hal tersebut dikarenakan Syahrul Fauzi terpaksa melakukan pembelaan terpaksa terhadap dirinya, yang pada saat kejadian Syahrul Fauzi mendapat serangan dari M. Jufri”, ujar Iqbal.

Kemudian Iqbal melanjutkan “Dalam terminologi hukum pidana, hal yang dilakukan oleh Syahrul Fauzi disebut noodweer dan diatur dalam Pasal 49 KUHP. Sepanjang pembelaan tersebut dilakukan dalam keadaan terpaksa dan berlangsung seketika pada saat terjadinya perkelahian, maka sudah patut apabila Pasal 49 KUHP diterapkan dalam perkara tersebut.

“Hal ini adalah bentuk suatu kemajuan penerapan hukum yang berani dan berkeadilan. Kasus ini bukan kasus main-main, sehingga saya yakin dan percaya Polres Langsa sangat berhati-hati dan teliti dalam memeriksa dan mengambil langkah keputusan terhadap kasus ini. Dalam hal ini saya sangat mengapresiasi kinerja Polres Langsa serta mudah-mudahan menjadi contoh penegakan hukum di seluruh wilayah NKRI,” pungkas Iqbal.

“Saya berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak dan dapat meminimalisir tindak pidana pencurian di wilayah Kota Langsa,” harapnya.(MR/FAHRID)

Tonton Video Arung Jeram di bawah ini:

Breaking News