Bupati Samosir Kunjungi Sentra Tenun Ulos

Bupati Samosir Kunjungi Sentra Tenun Ulos
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Bupati Samosir melalui program Bunga Desa Parhorasan Kecamatan Pangururan mengunjungi sentra tenun ulos, Senin (25/4/2022), Samosir.

Bupati yang didampingi Wakil Ketua DPRD Samosir, Pj. Sekdakab melihat secara langsung kegiatan pengrajin tenun.
Atas kehadiran pejabat teras Samosir itu, cukup mengejutkan dan bangga dengan adanya kegiatan pemberdayaan sentra tenun di Desa Parhorasan.

“Sangat baik untuk pembedayaan masyarakat, dari Pemerintah akan mendukung berjalannya UMKM ini”, sebut Bupati.

Sementara itu, Ibu Simarmata pemilik sentra tenun menyampaikan penenun di sentra tenun yang dikelola pada umumnya para lansia. Kegiatan menganyam serta menenun ulos dilakukan sehari-hari setelah selesai bertani. Hasil Kerajinan yang diproduksi antara lain tikar, tikar kecil, gajut, tandok dan ulos.

“Kami Kewalahan mengenai bahan, jadi kami sering beli bahan dari kabanjahe. Untuk itu kami berharap, perhatian pemerintah khususnya Bupati untuk memperhatikan kaum lansia-lansia yang ingin melanjutkan hidup, tempat khusus untuk bekerja serta penyediaan bahan,”sebutnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Bupati Samosir langsung memberi perintah kepada Dinas Nakerkoperindag, untuk memberikan pendampingan, pelatihan dan pemasaran hasil kerajinan. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.