Menparekraf RI Launching Event Horas Samosir Fiesta 2022

Menparekraf RI Launching Event Horas Samosir Fiesta 2022
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SAMOSIR – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Bupati Samosir Vandiko T. Gultom melaunching Event Horas Samosir Fiesta (HSF) 2022 sekaligus meresmikan gedung Samosir Creatif Hub di Pantai Indah Situngkir (PIS) Desa Situngkir Kecamatan Pangururan.

Dikesempatan itu hadir Staf Khusus Menteri Ario Prawiseso, Panji Gurnadi, Advisor PT. MKP Hari Sungkari, Direktur Utama PT. MKP Nicholas Anggad, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Hariyanto

Kemudian Direktur Event Daerah di Kemenparekraf RI Reza Pahlevi, Direktur BPODT Jimmy Bernardo Panjaitan, Direktur Politeknik Pariwisata Medan DR. Anawari Masatit, S.Sos, M.M.Par, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Zumri Sulthony S.Sos, Forkopimda Kabupaten Samosir, Pimpinan SKPD, Tokoh Masyarakat.

Kunjungan kerja (Kunker) Menparekraf Sandiaga Uno merupakan yang kali ketiganya ke Samosir, Rabu (23/3/2022).

Bupati Samosir, atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mengucap syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Pusat karena kawasan danau toba khususnya Samosir telah ditetapkan sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sehingga berdampak pada pembangunan infrastruktur di Samosir dimana salah satunya pembangunan gedung Samosir Creative Hub.

Dengan adanya gedung Creative Hub ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku ekonomi kreatif serta dapat memberikan kontribusi positif bagi tumbuh kembangnya Pariwisata di Samosir juga sebagai wadah bagi pertumbuhan ekonomi kreatif bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selanjutnya Pemkab akan menggelar event Budaya dan Pariwisata yaitu Horas Samosir Fiesta (HSF) antara lain Festival Gondang Naposo, Samosir Ultra Maraton, Pekan Kebudayaan Daerah dan Festival Sipinggan, ada juga event komunitas kumpulan marga yang akan memberikan hiburan juga kesan indah bagi wisatawan.
Bahwa Samosir memiliki 54 Desa wisata yang telah ditetapkan dengan SK Bupati Samosir dan 3 desa turut ambil bagian dalam perlombaan Anugrah Desa Wisata Indonesai (ADWI) sebagai salah satu model pembangunan pariwisata yang mengkaloborasikan fungsi pemberdayaan masyarakat.

Sementara, Menparekraf menyampaikan ucapan syukur karena dapat meresmikan gedung Samosir Hub dan sekaligus melaunching Horas Samosir Fiesta (HSF) Tahun 2022. Peresmian gedung Samosir Hub ini merupakan stimulan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya pelaku UMKM di Samosir.

“Saya yakin akan bangkit tatanan ekonomi di Kabupaten Samosir”, harapnya.

Peresmian Creative Hub Samosir ditandai dengan penandatanganan Prasasti oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus launching Horas Samosir Fiesta (HSF) yang ditandai dengan pelepasan anak ketapel ke Ogung (Gong), pembukaan Banner Event, pelepasan balon event dan Confetti Paper. (MR/156).

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.