oleh

Napak Tilas Sejarah Langkat dan Ziarah Makam Sambut Hari jadi Kab. Langkat ke 272

METRORAKYAT.COM, LANGKAT – Sambut hari jadi Kab. Langkat ke – 272, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok S.H ,S.I.K ,ikut dalam kegiatan Ziarah ke Makam T, Amir Hamzah Pahlawan Nasional dan Makam Tuan Guru Babusalam I, serta Makam Raja Ahmad, jum’at (14/01/2022).

Napak Tilas Sejarah Negeri Langkat dan ziarah Makam yang bertitik kumpul di halaman kantor Bupati Langkat dipimpin Bupati Langkat Terbit Rencana PA, S.E diwakili Asisten II Pemkab. Langkat Drs. H. Herman M.IP di dampingi Dandim 0203 Langkat Letkol Inf.Wisnu Joko Saputro, Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok,S.H, S.I.K, Kanit III Sat Intelkam Ipda Widayat, Kabid Pariwisata Sabarita Br,Sitepu, serta Ketua Napak Tilas Ahmadi Ahmad.

Baca Juga:  Tokoh Adat dan Masyarakat Ikuti Sosilisasi Deradikalisasi di Polres Kota Tebingtinggi

Selanjutnya pukul 10.00 wib Rombongan tiba di Masjid Azizi Kel. Pekan Tanjung, KecamatannTanjung Pura, Kabupaten Langkat,disambut oleh Sekcam Tanjung Pura Zulkarnaen Sembiring,Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman S. Sos,Ketua MUI Kec. Tanjung Pura H. Muhamad Ridwan,Imam besar Masjid Azizi H. Basyarudin Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Tanjung Pura.

Diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ketua MUI Kec. Tanjung Pura H. Muhamad Ridwan dilanjutkan dengan sambutan dari Imam besar Masjid Azizi H. Basyaruddin, Yang menjelaskan sejarah singkat Langkat.

“ Sultan pertama Langkat adalah Sultan Musa dimasa kepemimpinannya masa itu, Masyarakat sangat makmur, dan Setelah beliau wafat digantikan oleh putra beliau yaitu Sultan Abdul Aziz yang merupakan pendiri Masjid Azizi Tanjung Pura pada tahun 1902,” terangnya.

Baca Juga:  Acara Sosialisasi Replanting Kelapa Sawit Pola PIR Aekraso Akan Dihadiri DPD Apkasindo Labusel

Kemudian kegiatan ziarah sekaligus penaburan bunga ke makam Pahlawan T.Amir Hamzah dan Keluarga, dilanjutkan Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang untuk ziarah ke makam Tuan Guru Babusalam.

Pada pukul 10.45 Wib, Rombongan tiba di makam Tuan Guru Babusalam yang pertama di Desa Besilam, Kecamatan. Padang Tualang, Kabupaten Langkat dan langsung di sambut oleh Camat Padang Tualang Drs. Ramlan Efendi Lubis, Kapolsek Padang Tualang AKP Sutrisno,SH, Zuriat Tuan Guru Babussalam, Tokoh Agama dan Tokoh Masyrakat Kecamatan Padang Tualang.

Usai melakukan ziarah dan doa pukul 11.00 Wib, rombongan napak tilas melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat melakukan ziarah makam Raja Ahmad yang bertempat di Desa Kepala sungai Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat dan disambut oleh Camat Secanggang Persadanta Sembiring,SS TP, MAP dan jajaran, Kapolsek Secanggang IPTU Mahruzar Sebayang,S.H, Kades Kepala Sungai Suriono, S.H, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Secanggang.

Baca Juga:  39 Hari Menjabat, Bupati H.Zukri Yakinkan Ketua MPR RI Support Pembangunan Pelalawan

Ketua Napak Tilas Ahmad Ahmadi menjelaskan tentang sejarah Raja Ahmad singkat “Makam ini adalah makam Raja Ahmad bin Indra Bungsu, yaitu raja ke X dari Aru.

Kemudian, dari beliaulah banyak lahir Sultan – Sultan yang ada di Langkat, dan dirinya merupakan ayah dari sultan Langkat yang pertama yaitu sultan Musa.

“Dahulu tempat ini adalah kota Dalam dan dipimpin oleh dua raja, yaitu Kota dalam luar dan dalam,” tutup. (MR/yo)

Breaking News