oleh

Fenomena Akhir Tahun, di Kab.Langkat di Tandai Dengan Banyaknya Diduga  Proyek  Siluman yang Bergentayangan

METRORAKYAT.COM, LANGKAT – Diduga ingin meraup untung besar proyek pembangunan Hotmix Jalan Dusun 3 Pantai Gading Selotong kec.Secanggang Kabupaten Langkat dalam pelaksanaannya diduga asal jadi.

Hal itu diungkap salah satu tokoh masyarakat Dusun 3 pantai gading yang merupakan politisi senior PDI  Perjuangan yang enggan ditulis identitasnya, Jum’at (31/12/2021).

Politisi PDI Perjuangan Kab.Langkat ini mengatakan bahwa pengerjaan proyek Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR ) Kabupaten Langkat yang dialokasikan di Dusun 3 Pantai Gading Selotong kec.Secanggang ini diduga merupakan Proyek siluman, selain dalam pengerjaannya diduga asal asalan, juga tidak adanya papan informasi sehingga terkesan ditutup-tutupi dari masyarakat terkait jumlah anggaran.

” Saya selaku masyarakat dusun 3 Pantai Gading kecewa dengan pemerintah Kab. Langkat atau pihak lain yang mempunyai kewenangan, sebab pengerjaan proyek jalan hotmix sepanjang 300 meter dan lebar 3 meter tanpa plank proyek sehingga masyarakat tidak tahu PT atau CV apa yang mengerjakannya serta berapa jumlah anggarannya,”ujarnya.

Disambung lagi, sebagai masyarakat dia bersyukur jalan di dusun tempat tinggal nya ini di perbaiki.

“Tapi jika dalam pengerjaannya seperti ini, aspal datang pagi diserak sore  hasilnya beginilah katanya baru diaspal tapi sudah berlubang, kami selaku masyarakat harus mempertanyakan baik itu kepada publik atau yang mempunyai kewenangan, jangan sampai pihak rekanan dalam mengerjakan proyek ini hanya ingin meraup keuntungan semata,” tandasnya.

Dari penelusuran LPSE di Kab.langkat tahun 2021 diketahui bahwa pemenang tender proyek Lanjutan pengaspalan dengan hotmix jln pantai gading selotong -Kecamatan Secanggang adalah *CV Anda Karya*  yang beralamat di Jalan Putri hijau Lt 6  no 6 Medan – Sumatera utara dengan Anggaran Rp 694.290.000,00.

Sementara, Plt Kepala Dinas PUPR Kab.Langkat H.Sujarno S.Sos,M,Si yang mempunyai tugas pokok, memimpin, merumuskan, mengatur, memembina, mengendalikan, mengondisikan dan selaku pengguna anggaran serta mempertanganggung jawabkan kebijakan teknis, saat di konfirmasi melalu jejaring seluler dan whatsapp tidak merespon.

Demikian juga kabid Binamarga Dinas PUPR Kab.Langkat, Deni, hingga berita ini diturunkan tidak bisa dihubungi.

Pada hal sebagai Kabid mempunyai peran sebagaimana dimaksud dalam pasal 2 huruf d mempunyai tugas memimpin, membina mengkoordinasikan melaksakan perumusan kebijakan dalam memberikan pelayanan teknis manajemen kebinamargaan menyelenggaraan kebina margaan.

“Melihat banyaknya proyek yang asal jadi dan tanpa plank menunjukan kinerja Plt Kadis PUPR dan Kabid Bina Marga layak di pertimbangkan Bupati, karena kondisi ini diduga berpotensi merugikan keuangan Negara.

Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Langkat ,Drs.Pimanta Ginting dari Fraksi PDI Perjuangan saat dikonfirmasi  mengenai masalah ini secara tegas menyatakan, butuh perbaikan.

“Kita butuh perbaikan secara menyeluruh, agar masalah yang ada tidak terus berulang  harus di perbaiki semuanya dari proses pe langan hingga pelaksanaan dan pengawasannya , bila mutu sesuai bestek pasti daya tahan jalan akan sangat memuaskan, “tegasnya.(MR/yo)

Breaking News