300 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIa Pematangsantar Kanwil Kemenkumham Sumut Mendapat Vaksin

300 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Kelas IIa Pematangsantar Kanwil Kemenkumham Sumut Mendapat Vaksin
Bagikan

METRORAKYAT.COM, SIMALUNGUN -;Kerja sama dalam percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 antara pihak Lapas Kelas IIa Pematangsiantar Kanwil Kemenkumham Sumut bersama Polres Simalungun perihal vaksinasi terhadap masyarakat rentan dalam hal ini warga binaan pemasyarakatan (WBP) masih berlanjut.

Pelaksanaan vaksinasi tersebut dilaksanakan pada Rabu (12/1/2022) bertempat di Lapas Kelas IIa Pematangsiantar Jalan Asahan Kilometer 7 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun Sumatera Utara.

Pelaksanaan proses vaksinasi ini merupakan Vaksinasi yang pertama di Tahun 2022. Dan Kali ini ada sebanyak 300 orang WBP yang mendapatkan Vaksinasi.

Dari 1819 orang WBP yang ada di dalam Lapas diperkirakan hampir 95% WBP telah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Kalapas Rudy Fernando Sianturi bersama Kasie Binadik Aulia Zulfahmi memantau langsung berjalanya kegiatan tersebut.

Kalapas menerangkan, sudah sekitar kurang lebih 1750 WBP di Lapas Kelas IIa Pematangsiantar yang mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua.

Lebih lanjut kata Kalapas, Target dan harapan bagi seluruh WBP akan mendapatkan vaksinasi. “Ini adalah salah satu langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 maupun varian virus baru Omicron di lapas kelas IIa Pematangsiantar ini,” tambahnya.

Upaya lainnya yang kita lakukan adalah dengan cara melakukan penyemprotan terhadap kamar dan jeruji, membagikan masker, vitamin kepada WBP. Sedangkan untuk tahanan baru yang akan dititipkan ke dalam lapas maka kita akan melakukan pemeriksaan Rapid Test terlebih dahulu dan melakukan Isolasi Mandiri selama 14 hari di ruang / kamar isolasi sebelum berbaur dengan WBP lainnya. Lanjut Rudy, Bahkan sampai hari ini Layanan kunjungan masih ditiadakan di seluruh Lapas di Indonesia dan hanya Melakukan pelayanan penitipan barang dan makanan.

Kalapas juga tak henti-hentinya berterima kasih kepada Kapolres Simalungun dan tim BIDOKES Polres sebagai Vaksinator yang sudah memberikan kesempatan kepada WBP kita untuk mendapatkan Vaksinasi.

“Demi mencapai terbentuknya Imunitas tinggi (herd Immunity) di Indonesia khususnya untuk Masyarakat rentan (WBP) di Lapas Kelas IIa Pematangsiantar baik petugas maupun keluarga petugas. Sembari tetap mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan. Salam Sehat,” pungkasnya. (MR/Rel)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.