oleh

Teliti Berbelanja di Transmart Carrefour Medan Fair, Harga Barang Saat Dibayar Di Kasir Tidak Sesuai

METRORAKYAT.COM, MEDAN – Bagi warga masyarakat di kota Medan yang senang berbelanja di Transmart  Carefour Medan Fair yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Medan Petisah Kota Medan-Sumatera Utara harus hati-hati dan teliti saat usai membayar barang belanjaan di kasir pembayaran, sebaiknya harga barang belanjaan pada struk pembayaran di cek ulang, sebab, telah terjadi, harga barang belanjaan tidak sesuai saat setelah dibayarkan pada kasir.

Hal ini seperti yang dialami oleh seorang warga Kota Medan bernama Irwan Manalu, dimana ketika itu Irwan sedang berbelanja pakaian di Transmart Carrefour Medan Fair di lt.2, Kamis (2/12).

Saat itu, dia tertarik untuk membeli celana boxer merek GT Man yang ada terpajang di stan penjualan. Harga untuk satu (1) potong celana boxer merek GT Man tertulis Rp.59.500/Pcs. Selanjutnya, Irwan pun membeli dua Pcs celana Boxer tersebut dan memasukkannya kedalam kantung belanjaannya. Selanjutnya, Irwan membeli beberapa pakaian lainnya termasuk kemeja.

Namun ketika Irwan membayar di kasir, awalnya tidak ada terpikiran lain mengenai harga pakaian yang telah dibeli sebab, harga sesuai dengan yang tertulis di papan harga di setiap barang yang dipajangkan. Seorang petugas kasir (tidak mengingat namanya) langsung menginput harga semua barang belanjaan, termasuk juga dua celana Boxer merek GT Man tadi.

“Sempat memang ada dikatakan kasir bahwa harga celana seratus ribu rupiah, namun karena memang selain celana Boxer, saya juga membeli celana jeans dan kemeja yang harganya diatas seratus ribuan rupiah lebih, sehingga saya mengiyakan, saya tidak mengira bahwa yang dikatakan seratus ribu itu adalah celana Boxer GT Man, karena memang banyak sekali diskon yang ditawarkan di dalam pusat perbelanjaan itu. Dan ketika selesai pembayaran, tiba-tiba saja saya merasa jumlah pembayaran saya terlalu besar dan tidak sesuai dengan harga barang belanjaan saya,”ujarnya.

Baca Juga:  Cegah Covid-19, Nakes Periksa Pemudik Di Posko Perbatasan Aceh Singkil - Sumut

Sambil berlalu keluar, Irwan pun terus berfikir sambil menghitung kembali jumlah barang yang dibeli yang ada tertulis pada struk belanjaan. Dan setelah beberapa kali dihitung, memang jumlah didalam struk belanja dengan jumlah barang yang dibeli tidak sesuai.

Selanjutnya, warga Kecamatan Medan Helvetia ini pun kembali ke kasir dan menemui petugas kasir. Saat diminta menghitung ulang belanjaannya, petugas kasir yang merupakan seorang wanita, mengatakan bahwa barang belanjaan sudah sesuai harga, dan Irwan pun mengatakan setelah dihitung sesuai barang yang dibeli dan sesuai harga sepertinya ada kelebihan harga, selanjutnya si petugas kasir memeriksa kembali barang belanjaan dan mengatakan harga celana Boxer GT Man tidak ada diskon dan per Pcsnya dibandrol Rp.119.000 dan dipotong 20 ribu saja, sehingga menjadi Rp.100 ribu.

Mendengar itu, Irwan pun menjelaskan jika barang yang dibelinya sesuai harga yang ada tertera di daftar harga. Selanjutnya bersama petugas kasir, dia pun menunjukkan lokasi tempat pengambilan barang tersebut. Ketika melihat harga yang terpampang, petugas kasir mengatakan jika harga yang terpampang tidak berlaku lagi dan sudah normal.

“Maaf pak, harga itu tidak berlaku lagi, kemungkinan petugas kami lupa menggantikan harganya. Jika harga normalnya Rp.119.000,per Pcs,”kata petugas kasir.

Irwan pun mengatakan jika harga beberapa hari yang lalu memang dikatakan oleh petugas yang jaga diskon 50 persen dari Rp.119.000 menjadi Rp.59.500 dan ada tertulis harganya sesuai diskon yang diberikan.

Baca Juga:  Bobby Nasution Didukung Tindak  Rumah Sakit Yang Pungli Pasien  Covid-19

“Jika tidak ada lagi diskon dan harga normal kenapa harganya belum di tukar menjadi harga normal. Dan Sementara sebelum membeli barang tersebut, saya juga tadi mencari ukuran XL dan menanyakan harga, oleh petugas yang menjaga disebutkan Rp.59.500,- sesuai yang tertera, kenapa saat dikasir harganya jadi Rp.100.000 dan dibilang hanya diberi potongan Rp.20.000. Inikan bisa membuat pembeli bingung dan bisa jadi kecewa karena ternyata harga yang tertera tidak sama saat dibayarkan di kasir,”katanya.

Karena keberatan dengan harga yang telah dibayar ke kasir, lantas petugas kasir mengatakan uang yang telah masuk tidak bisa dikembalikan, harus digunakan dengan cara berbelanja.

“Maaf pak, mungkin ini kesalahan dari pihak kami. kalau kelebihan uang bapak tidak bisa kami kembalikan namun harus digunakan untuk berbelanja,”sebutnya sembari meminta bantuan kepada petugas Transmart lainnya.

Irwan mengatakan jika harga tidak sesuai yang tertera maka, barang yang sudah sempat dia beli itu dibatalkan atau dikembalikan, lantas, oleh petugas kasir dan seorang petugas Transmart berpakaian kemeja biru langit berbicara sebentar, selanjutnya mengarahkan pembeli tersebut ke bagian informasi. Dibagian informasi, Irwan pun ditanyakan terkait harga yang tidak sesuai. dan dengan akan direfound, namun petugas dengan mudah mengatakan bahwa kejadian itu adalah human error, sambil memberikan selembar kertas dan meminta menuliskan nama, nomor telepon dan tanda tangan.”Maaf pak, ini di refound saja ya, yang tadi kesalahan human error, sebentar saya kembalikan kelebihan uangnya ya pak, struknya dikembaikan kepada kami ya, “katanya sambil menjaga wibawa.

Mendengarnya, Pembeli tersebut hanya diam menunggu proses pengembalian sisa uangnya.

Baca Juga:  Azi Pratama Pangaribuan S.H, M.H Di Percaya Menjadi Ketua Yayasan Pembinaan Insan Cerdas

“Saya melihat ada tidak singkron antara petugas kasir dan petugas supervisor atau bagian informasi, kenapa ada perbedaan penjelasan antara petugas kasir dan supervisor nya. Setelah dihitung ada kelebihan sebesar Rp.81.000 dan sudah dikembalikan cash kepada saya selaku pembeli yang keberatan,”ujarnya.

Namun, ketika menunggu proses pengembalian sisa uang, tiba-tiba muncul lagi seorang wanita sambil membawa barang belanjaannya. Wanita itu mengaku dia membeli sebotol pewangi ruangan dan dipembelian tertulis Rp.35.000, dan ketika dibayar menjadi Rp.39.000. Wanita itupun menunjukkan struk belanjanya dan meminta agar harga yang tertulis sesuai dengan pembayaran.

“Tadi saya lihat harganya Rp.35.000, dan ketika dibayar malah Rp.39.000, ya terang saya kesal dan kecewa. Untung setelah belanja, struk nya saya hitung-hitung lagi dan ternyata diantara belanjaan saya, ada saya temukan satu barang yang mana harganya tidak sesuai maka ini saya mau komplain,’kata wanita berambut sebahu itu.

Adanya perbedaan harga, dimana harga yang sudah dibandrol apalagi memakai istilah diskon namun saat dibayar di kasir harga tidak sesuai dikawatirkan akan merugikan banyak pengunjung yang datang berbelanja di Transmart Plaza Carefour tersebut, apalagi jika pengunjung tidak teliti dan tidak menghitung ulang barang belanjaan mereka apakah sesuai atau tidak.

Irwan pun meminta agar pihak manajemen Transmart Plaza Carefour melakukan ketelitian dalam membuat daftar harga pada barang ayng dipajangkan, agar tidak merugikan para pengunjung yang berbelanja ke Transmart Plaza Carefour tersebut.

“Kalau diskon, buat diskon, dan sampai kapan, dan jika sudah normal, segeralah gantikan ke harga normal, agar jangan kami pengunjung yang berbelanja merasa tertipu dengan harga,”pungkas Irwan kesal.(MR/tim)

 

Breaking News