PT Toba Pulp Lestari Serah Terima Dukungan Sarana Untuk Pelaku Wisata Kepada Pemkab Toba

PT Toba Pulp Lestari Serah Terima Dukungan Sarana Untuk Pelaku Wisata Kepada Pemkab Toba
Bagikan

METRORAKYAT.COM, TOBA
Dalam rangka mendukung program pemerintah pus at dalam meningkatkan pariwisata di Danau Toba untuk menjadi tujuan super prioritas, PT Toba Pulp Lestari, Tbk (PT TPL)  memberikan dukungan pengadaan Tenda Pantai, meja dan kursi sebanyak 57 unit kepada Pemerintah Kabupaten Toba. Secara simbolis dukungan ini kemudian disalurkan kepada para pelaku wisata yang berada di Pantai Bul-bul, di Halaman Rumah Dinas Bupati Toba. (Rabu 15/12/2021)

Turut hadir dalam penyerahan tersebut, , Audi Murphy Sitorus (Sekretaris Daerah Kabupaten Toba), Sahat Manullang (Asisten II), Jhon Piter Silalahi (Kepala Dinas Pariwisata), Eston Sihotang (Kabag Ekon), Melva Panjaitan (Kepala Desa Lumban Bul-bul) dan 5 orang perwakilan pelaku wisata Pantai Bul-bul.

Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan PT TPL untuk menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Toba. Beliau menyampaikan, hal ini berkaitan dengan kesepakatan saat Tonggo Raja bersama masyarakat dan para pelaku wisata di Pantai Lumban Bul- bul sebelumnya untuk menertibkan pondok/tenda yang kurang tertata di pesisir pantai, agar lebih rapi dan bersih ke depannya.

“Saya berharap dengan adanya dukungan dari PT TPL ini Pantai Bul-bul semakin indah dan rapi. Semoga perusahaan semakin sukses dan bisa semakin berdampak bagi masyarakat dan juga pemerintah dengan kerjasama yang luar biasa bersama-sama untuk membangun masyarakat yang lebih baik,” tutur Poltak.

Mewakili management PT TPL dihadiri oleh Tagor Manik, Government Relation Manager didampingi Ramida Siringo-ringo, Community Development (CD) Manager, mengatakan bahwa TPL melihat hal ini menjadi salah satu potensi yang bagus untuk dikembangkan bersama dengan pemerintah kabupaten. Keindahan Danau Toba menjadi salah satu daya tarik  wisata masyarakat lokal bahkan mancanegara, sehingga perlu kita dukung dari sisi infrastruktur yang memang membuat pengunjung merasa nyaman.

“Tujuan pemberian dukungan ini agar terlihat lebih indah dan tertata. Kemudian perlu diperhatikan juga bahwa ini tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah dan PT TPL saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab pelaku wisata di pantai bul-bul ini. Kebersihan pantai harus menjadi pendukungnya, sehingga masyarakat mau datang kembali karena pantainya bersih, toiletnya bersih, sarana prasarana dan makanan juga ada serta tempat ibadahnya juga tersedia,” ujar Tagor.

Ditambahkan Tagor, PT TPL tetap terbuka untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pelaku ekonomi kreatif ataupun pelaku wisata di sekitar Danau Toba. Perusahan siap berkontribusi kepada masyarakat dan menjalankan tanggung jawab sosialnya melalui program CD. Namun tetap dengan acuan agar program tidak selesai begitu saja, yang dimana artinya masyarakat juga bertanggung jawab merawat dan mengembangkannya serta lebih mandiri untuk pengembangan pariwisata nantinya. (MR/LM/rel)

Redaksi Metro Rakyat

PT. Metro Rakyat Kreasi - Situs Berita Portal online - Berita Mendidik, Aktual & Inovatif.